8 Tips dan Cara Menjadi Blogger untuk Pemula, Yuk Simak Biar Makin Mengerti

Blogger42 Views

8 Tips dan Cara Menjadi Blogger untuk Pemula, Yuk Simak Biar Makin Mengerti

majalahtren.com – 8 Tips dan Cara Menjadi Blogger untuk Pemula, Yuk Simak Biar Makin Mengerti. Anda pasti sudah tahu apa itu blogger? Profesi atau pekerjaan yang mengelola blog ini cukup populer di dunia internet. Namun, tahukah Anda? Selain tren penggunaan media sosial, ternyata pekerjaan yang satu ini masih eksis hingga saat ini. Perkembangan digital marketing berdampak langsung pada blogger. Jadi, apakah Anda ingin menjadi seorang blogger? Jika iya, yuk simak cara-cara berikut ini. Saksikan berikut ini.

1. Tetapkan tujuan

Hal utama yang harus Anda lakukan sebelum memulai blog adalah menetapkan tujuan. Pertama-tama yang harus Anda ketahui, apakah nantinya blog ini akan menjadi prioritas atau hanya menjadi sisi Anda. Umumnya ada beberapa alasan orang menjadi blogger,

  • Memiliki semangat untuk menulis
  • Berbagai karya (tulisan, cerpen, foto)
  • Mencari keuntungan (endorsement, affiliate, content placement, dll)

Ketika Anda sudah menentukan tujuan Anda, maka nantinya Anda akan tahu langkah awal apa yang harus dilakukan. Mulai dari membuat blog, mengatur tampilan, membuat konten, hingga mempromosikannya. Oleh karena itu, memiliki tujuan yang pasti akan dapat membantu Anda dalam menjalankan proses berkarir sebagai seorang blogger.

2. Buat platform blog

Akan aneh jika Anda ingin menjadi seorang blogger, tetapi tidak memiliki blog. Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya adalah membuat platform yang akan menjadi blog Anda. Tentunya saat ini banyak sekali jenis website penyedia blog seperti, WordPress.com, Blogger.com, Wix, Medium, dan masih banyak lagi.

Misalnya, jika Anda ingin menggunakan Blogger.com, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah ini,

  • Login ke blogger dengan akun gmail
  • Di sebelah kiri, klik panah bawah.
  • Kemudian klik Blog baru.
  • Masukkan nama blog.
  • Klik berikutnya.
  • Pilih URL atau alamat blog.
  • Klik simpan

Selain itu, bagi Anda yang menggunakan situs web lain, Anda hanya perlu mendaftar dan kemudian mengikuti setiap langkahnya.

3. Tentukan target audiens, niche, dan topik konten

Sebelum mulai membuat konten, penting bagi Anda untuk mengetahui siapa yang akan mengakses blog Anda. Seperti halnya bisnis apa pun, Anda harus memahami pembaca potensial Anda. Karena dengan mengetahui siapa pembaca yang ingin Anda targetkan, akan memudahkan Anda untuk membuat konten yang cocok untuk mereka. Untuk memudahkan dalam menentukan calon pembaca, Anda dapat membagi mereka menjadi beberapa kelompok demografis seperti,

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Kerja
  • Hobi

Setelah itu, Anda juga bisa membuat niche yang sesuai. Misalnya Anda suka menulis tentang tempat wisata, maka traveller dan traveller sangat cocok dijadikan niche untuk blog Anda. Kemudian setelah menentukan dua hal tersebut, barulah Anda bisa mengembangkan berbagai topik konten tulisan yang sesuai dengan niche pembaca Anda.

4. Mulai mendesain tampilan blog

Setelah memiliki platform blog, jangan lupa juga untuk membuat tampilan blog Anda menarik. Anda mungkin tahu, bahwa sebagian besar inti dari blog itu sendiri adalah menulis. Namun, jika tampilan blog Anda tidak ditata semenarik mungkin, maka tidak menutup kemungkinan pembaca akan malas untuk mengunjungi blog Anda.

Bagi Anda yang menggunakan Blogger atau WordPress, saat ini tersedia banyak tema menarik yang dapat Anda gunakan untuk menunjang tampilan blog Anda. Namun jangan lupa, bahwa tampilan blog harus disesuaikan dengan pembaca Anda.

Misalnya, target pembaca blog Anda adalah laki-laki pecinta otomotif, sehingga akan terasa kurang cocok jika tema blog Anda penuh dengan warna mencolok. Pilihan warna gelap seperti hitam-putih, atau coklat akan lebih sesuai dengan target audiens Anda.

Bagi Anda yang menggunakan WordPress, Anda dapat mengunjungi menu ‘Preferences’ pada halaman dashboard di wp admin untuk menyesuaikan tampilan blog. Nantinya Anda juga bisa mengelola berbagai komponen dan elemen di halaman blog Anda seperti,

  • Judul (Title)
  • header
  • Isi Konten
  • Sidebar
  • Widget
  • Footer
  • Navigation Menu
  • Menu Bar
  • Sharing Button

Tentu saja, jika Anda memiliki tampilan blog yang menarik, tidak hanya akan memudahkan pengunjung untuk membaca konten Anda, tetapi juga dapat membuat mereka terkesan dan kemungkinan akan kembali lagi ke blog Anda.

5. Buat konten asli

Di era digital ini, mungkin sangat mudah untuk menemukan konten yang menarik. Mulai dari menulis, cerpen, dan lain-lain. Sebagai seorang blogger Anda baik-baik saja jika Anda mendapatkan inspirasi. Namun, usahakan untuk selalu membuat konten yang original atau berasal dari kemampuan Anda sendiri.

Tak jarang beberapa karya malah menjadi masalah ketika penulisnya ketahuan menyalin karya orang lain. Alangkah baiknya nanti setiap konten yang Anda buat memiliki keunikan tersendiri, tanpa bergantung pada karya orang lain.

6. Menguasai keterampilan teknis

Bagi Anda yang baru ingin memulai menjadi Blogger, tidak ada tuntutan untuk bisa menguasai keterampilan teknis dengan cepat. Kemampuan tersebut bisa Anda pelajari secara bertahap seiring dengan membuat konten di blog.

Namun, seperti yang Anda ketahui, industri blogger cukup besar. Jadi agar bisa bersaing dengan baik, ada beberapa keterampilan selain menulis yang Anda perlukan untuk bisa menjadi blogger profesional. Beberapa mereka suka,

CSS dan HTML

Huh, bukankah ini terkait dengan pengkodean? Ya itu benar. Namun sebagai pemilik blog, setidaknya Anda harus memahami cara kerja blog. Alasannya karena nantinya Anda pasti akan terlibat dengan komponen penting di blog Anda seperti gambar alt, struktur heading, dan kode-kode yang membentuk konten Anda. Misalnya, jika Anda biasanya menggunakan ctrl+b pada keyboard, maka dalam HTML Anda dapat menggunakan kode <b>Bold</b> atau untuk menulis dalam satu paragraf Anda dapat menggunakan kode, seperti <p>cara menjadi bloger</p>.

SEO

SEO adalah kemampuan yang penting karena sangat mempengaruhi kinerja blog Anda di mesin pencari seperti Google. Sehingga beberapa hal seperti penggunaan kata kunci, informasi meta, penyusunan judul/subtitle sangat mempengaruhi konten yang Anda buat nantinya.

Selain dua keterampilan di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang harus Anda pelajari, seperti analisis audiens, pemasaran, hingga mengatur lalu lintas.

7. Membangun hubungan dengan sesama blogger

Tidak ada yang salah dengan menjadi blogger wiraswasta. Namun, ketika Anda bisa membangun jaringan yang baik dengan sesama blogger, kemungkinan berbagai peluang kolaborasi akan terbuka lebar. Nama Anda juga akan diketahui, sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui informasi terbaru dan juga mempelajari hal-hal penting dari sesama blogger lainnya.

8. Konsisten

Ya, konsisten adalah langkah penting untuk menjadi blogger profesional. Anda tentu harus bisa konsisten menghasilkan konten. Namun konteks dalam hal ini adalah tidak memproduksi konten secara terus menerus. Anda dapat menentukan jadwal penerbitan. Selain dapat memudahkan blog Anda untuk lebih dikenal, dengan konsistensi Anda dapat membuka lebih banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan pembaca.

Itulah beberapa langkah dan cara menjadi seorang blogger. Tentunya bagi anda yang masih pemula sangat perlu untuk terus belajar. Karena semakin banyak kemampuan yang Anda kuasai, semakin besar peluang yang mungkin datang kepada Anda.