7 Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online

Teknologi80 Views

7 Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online

majalahtren.com – 7 Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online. Era digital membuat semua lini bisnis dilakukan secara online. Membangun toko online yang baik dan sempurna membutuhkan infrastruktur bisnis yang mumpuni.

Selain ponsel, laptop untuk menjalankan bisnis online menjadi bagian terpenting yang dapat mempengaruhi kinerja bisnis itu sendiri.

Namun, mengingat laptop merupakan salah satu perangkat penting dalam menjalankan bisnis jualan online, Anda juga harus memilih laptop dengan spesifikasi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan operasional toko online.

Berikut tips sebelum membeli laptop untuk dijual online yang wajib Anda ketahui.

1. Merek laptop

Sebelum membeli laptop, sebaiknya pilih dulu merk laptop tersebut. Banyak sekali merk laptop yang ada di Indonesia, contohnya laptop murah ASUS, laptop Dell, laptop Acer, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun memang yang paling populer di Indonesia dan cocok untuk dijual secara online adalah ketiga merk laptop tersebut. Anda harus menyesuaikan dengan selera merk laptop sesuai keinginan.

2. Daya Tahan Fisik dan Baterai

Untuk berjualan secara online, ada baiknya memilih laptop yang memiliki ketahanan fisik yang baik dan juga memiliki kapasitas baterai yang tahan lama sehingga lebih leluasa dalam menggunakannya.

Ini juga relevan jika Anda ingin mencoba mengelola penjualan online Anda di tempat lain selain di rumah, jadi Anda harus memiliki daya tahan baterai yang baik.

3. Media Penyimpanan

Tentunya kekuatan penjualan online ada pada iklan yang bisa berupa gambar, foto, poster atau video. Untuk melakukan ini, Anda harus memilih komputer dengan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan foto dan video Anda agar tidak hilang.

Dengan kapasitas penyimpanan yang banyak akan memudahkan Anda dalam membuat arsip yang sangat penting untuk kedepannya agar foto dan video tetap dapat tertampung.

4. Sistem Operasi

Pilih merek laptop terbaik yang memiliki sistem operasi terbaru. Saat ini tersedia laptop dengan sistem operasi Windows 10 dan Windows 11, namun dengan harga yang lebih murah, Anda bisa memilih Windows 7.

Kami sangat menyarankan untuk memilih laptop dengan sistem operasi yang masih bisa diupdate, sehingga aman dan terhindar dari berbagai virus yang bisa merugikan, terutama saat Anda sedang berselancar di dunia maya.

5. Keamanan

Laptop yang digunakan untuk penjualan online mengandung informasi sensitif, sehingga keamanan menjadi sangat penting.

Saat ini banyak laptop yang memiliki keamanan seperti sidik jari, pendeteksi wajah, enkripsi data, dan lain sebagainya. Selain itu, gunakan laptop yang sudah anti virus agar aman dalam jual beli.

6. CPU dan GPU

CPU dan GPU adalah dua faktor penting karena dapat mendukung performa laptop. CPU dan GPU juga sangat berpengaruh terhadap harga yang akan dijual. Semakin besar kemampuan CPU dan GPU maka harganya akan semakin mahal.

Jika Anda masih memiliki modal kecil, pilihlah laptop yang murah dan jika nanti Anda memiliki uang lebih, Anda dapat menggantinya.

7. Konektivitas

Karena jualan online melibatkan internet, pastikan laptop anda dapat terkoneksi dengan internet yang akan membuat anda tetap terkoneksi dan dapat melayani konsumen dengan baik.