Tips Aman Backup Data di Smartphone

Teknologi80 Views

Tips Aman Backup Data di Smartphone

majalahtren.com – Tips Aman Backup Data di Smartphone. Salah satu solusi untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan ini adalah dengan membackup data. Sayangnya, tidak banyak pengguna yang menyadari pentingnya backup data. Berikut adalah tips untuk membackup dengan mudah dan aman.

Atur pencadangan data otomatis

Backup yang baik dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Namun, ini pasti akan membuang banyak waktu Anda. Oleh karena itu, gunakan cloud atau hard disk yang memiliki fitur pencadangan data otomatis, misalnya hard disk WD My Passport dan My Passport Ultra. Drive ini didukung oleh perangkat lunak WD Backup, yang memudahkan pengguna untuk menjadwalkan pencadangan data otomatis, baik itu setiap beberapa hari, minggu, atau sebulan sekali.

Menjaga pengarsipan rapi

Melakukan backup seharusnya tidak hanya mentransfer data. Anda harus menyimpan foto, video, dan dokumen penting dalam arsip yang terorganisir. Sebaiknya arsipkan semua data setiap 2 tahun, dan jika memungkinkan, pindahkan semua file ke perangkat lain setiap 3-5 tahun. Hal ini penting untuk meminimalisir resiko kerusakan pada perangkat.

Gunakan perangkat keras dan perangkat lunak terenkripsi

Saat mentransfer dari satu lokasi ke lokasi lain, file cenderung hilang atau disalahgunakan. Untuk menghindarinya, gunakan perangkat keras dan perangkat lunak terenkripsi agar file aman. Teknologi enkripsi sangat berguna untuk melindungi data pribadi dan perusahaan yang sensitif. Itu sebabnya beberapa produsen penyimpanan seperti WD melengkapi semua perangkat penyimpanan dengan enkripsi tingkat lanjut.

Gunakan kata sandi

Selain enkripsi, perangkat juga perlu diamankan dengan kata sandi, seperti yang dilakukan WD dengan SanDisk Ultra Dual Drive Go dan SanDisk Ultra Dual Drive Luxe yang memungkinkan pengguna mentransfer file antara smartphone, tablet, dan laptop dengan USB Type-C atau Tipe-A. USB ini dapat diset password untuk mengakses file tertentu, sehingga data sensitif tidak akan bocor ke pihak lain.

Ingat aturan 3-2-1 untuk backup data

3-2-1 adalah langkah yang disarankan dalam membuat cadangan data. Anda harus memiliki minimal 3 salinan data, menyimpan 2 salinan data di 2 lokasi berbeda, dan menyimpan 1 salinan data secara offline.

Misalnya, Anda dapat membackup data ke laptop, cloud, dan smartphone, namun pastikan untuk selalu memiliki backup data di 1 perangkat yang dapat diakses secara offline, seperti hard disk. Jadi, Anda dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Dilansir dari situs resminya, Western Digital merekomendasikan empat produk terbaik yang bisa digunakan untuk membackup data, yang terdiri dari 2 buah hard disk yaitu WD My Passport dan WD My Passport Ultra, serta dua buah flash disk yaitu SanDisk Ultra Dual. Drive Go USB Tipe-C. Flash Drive dan SanDisk Ultra Dual Drive Luxe USB Type-C Flash Drives.