9 Cara Efektif Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil

Bisnis117 Views

9 Cara Efektif Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil

majalahtren.com – 9 Cara Efektif Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil. Agar bisa berhasil menabung, kamu harus menerapkan cara menabung yang efektif di rumah agar tidak terkecoh. Seringkali, orang gagal menyisihkan uang karena masih menggunakan tabungannya untuk keperluan tertentu. Jika kamu masih sering menggunakan tabungan, kamu belum optimal dalam mengelola keuangan sehari-hari.

9 Cara Efektif Menabung Di Rumah Agar Tidak Diambil

Kunci sukses menabung adalah rajin dan konsisten. Yuk, kenali cara menabung di rumah agar tidak kebobolan!

Bagaimana cara menabung di rumah agar tidak kebobolan

1. Pastikan kamu tahu tujuan menabung

Langkah pertama, kamu harus tahu tujuan menabung. Tujuan ini bisa menjadi motivasi yang membuat kamu bersemangat dalam mengelola keuangan dan mengumpulkan uang.

Misalnya, kamu ingin menyiapkan dana liburan, dana ibadah umroh, dana DP rumah, dana pendidikan anak, atau tujuan keuangan lainnya. Nah, pastikan kamu punya tujuan yang spesifik, ya! Ketika tergoda untuk menggunakan sedikit tabungan, kamu bisa langsung mengingat tujuan awal menabung.

2. Ketahui Pos Prioritas Pencairan

Selanjutnya, pengelolaan keuangan yang bijak juga menentukan keberhasilan menabung. Identifikasi prioritas setiap pengeluaran harian, mingguan atau bulanan. Pastikan kamu memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan sehari-hari, listrik, pulsa, dan lain sebagainya. Nah, penting juga untuk membuat rencana pengeluaran yang bijak.

Dalam hal ini, penting juga untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan kamu agar tidak tergoda untuk berbelanja hal-hal yang tidak terlalu penting. Jangan gunakan tabunganmu untuk belanja yang tidak terlalu dibutuhkan, ya! Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat agar tidak mengambil tabungan di tengah situasi darurat.

3. Biasakan menabung dalam jumlah kecil

Untuk menumbuhkan kebiasaan menabung, kamu bisa memulainya dengan menyisihkan sedikit uang. Bagian terpenting dari menabung adalah mengalokasikan sejumlah uang secara teratur dan konsisten. Tidak semua orang bisa langsung menabung dalam jumlah besar. Untuk itu, kamu juga bisa memulainya dengan menyisihkan sedikit uang.

Lambat laun, kamu akan terbiasa memasukkan uang ke dalam rekening tabungan. Misalnya, mulailah menabung sebesar 5% dari gaji bulanan kamu. Seiring waktu, kamu dapat meningkatkan jumlah tabungan hingga mencapai 20% dari gaji kamu atau lebih. Jika kamu tidak memiliki banyak tanggungan, maka jumlah tabungan juga bisa mencapai setengah dari pendapatan bulanan kamu. Dengan begitu, aktivitas menyisihkan sebagian penghasilan bulanan kamu tidak lagi menjadi beban.

4. Buat Rekening Tabungan Khusus

Banyak orang masih menyimpan uang mereka di satu tempat. Jika kamu menyimpan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan dalam satu rekening, maka risiko mengambil tabungan akan lebih besar. Saat melihat saldo rekening dalam jumlah banyak, sebenarnya banyak orang yang percaya diri untuk berbelanja dalam jumlah banyak. Bahkan, sebagian dana tersebut merupakan dana simpanan yang dicampur dengan anggaran harian.

Oleh karena itu, buatlah rekening tabungan khusus agar tidak mengambil uang di tengah keadaan darurat suatu saat nanti. Dalam hal ini, kamu dapat memilih rekening tabungan khusus di bank yang menawarkan pembukaan rekening dengan setoran awal yang kecil dan bebas biaya administrasi.

5. Alokasikan Uang Tabungan ke Reksa Dana

Sebagai alternatif, setiap orang juga dapat mengalokasikan dana tabungan ke instrumen investasi reksa dana. Selain memiliki rekening khusus, menabung tabungan di reksa dana juga memiliki banyak kelebihan dan dapat memudahkan kamu untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

Saat menabung di reksa dana, kamu bisa bebas dari biaya administrasi, investasi terjangkau mulai dari Rp. 10 ribu, dan potensi keuntungan kedepannya juga lebih optimal. Proses pencairannya juga fleksibel dan aman.

Jika kamu rutin berinvestasi di reksa dana, jumlah tabungan kamu justru akan meningkat. Selain menabung secara rutin, kamu juga akan mendapatkan imbal hasil yang optimal di kemudian hari. Dalam hal ini, kamu dapat memilih produk reksa dana sesuai dengan profil risiko dan tujuan yang ingin dicapai.

6. Memiliki Penghematan Berbeda Sesuai Target

Setelah kamu memiliki tujuan menabung tertentu, kamu juga bisa mengalokasikan uang tabungan kamu ke berbagai tempat sesuai target. Hal ini juga dapat membuat kamu lebih fokus untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Nah, kamu juga bisa menabung di rekening khusus dan berbagai produk reksa dana.

Misalnya, menabung untuk perjalanan di akhir bulan di rekening tabungan. Kemudian, alokasi tabungan untuk membeli ponsel baru tahun depan melalui reksa dana pasar uang dan menyiapkan dana pendidikan anak di reksa dana saham.

7. Gunakan Sistem Autodebit

Agar tidak tergiur menggunakan tabungan, kamu bisa mengaktifkan sistem autodebit di rekening tabungan khusus kamu. Seorang penulis dan ahli keuangan, Farnoosh Torabi juga mengungkapkan bahwa cara menabung di rumah agar tidak dibawa kabur ini juga cukup efektif untuk menabung secara konsisten. Ini juga mengungkapkan bahwa kamu

dapat mengalokasikan minimal 10% dari pendapatan bulanan ke rekening tabungan khusus dengan menggunakan sistem autodebit.

Untuk menerapkan metode ini, atur jumlah tabungan setiap bulan dan tanggal transfer. Dengan begitu, penghasilan bulanan kamu akan otomatis ditransfer ke rekening khusus. Cara ini bisa menjadi andalan kamu untuk lebih konsisten menabung setiap bulannya hingga target tercapai.

8. Berhemat Secara Rutin

Cara menabung di rumah agar tidak diambil selanjutnya adalah dengan konsisten menabung secara rutin. Jika kamu sudah membentuk kebiasaan menabung secara rutin, maka kamu tidak akan kesulitan untuk menyisihkan uang. Kebiasaan baik ini akan membentuk gaya hidup kamu yang lebih bijak dalam mengelola keuangan dan dapat mengumpulkan uang tanpa merasa berat.

9. Ubah Tabungan Menjadi Aset Nyata

Salah satu cara untuk menabung agar tidak dibawa kabur adalah dengan mengubah tabungan kamu menjadi aset nyata seperti emas. Misalnya, kamu ingin menyiapkan dana pendidikan anak atau tujuan keuangan untuk 5 tahun ke depan. kamu membuat tabungan kamu dalam bentuk logam mulia.

Kini, semua orang bisa membeli emas mulai dari gram kecil, baik dalam bentuk emas fisik maupun emas digital. Kamu bisa membeli emas fisik mulai dari 0,1 gram atau emas digital mulai dari Rp10.000.

Kesimpulan

Cara menabung di rumah agar tidak diambil antara lain menetapkan tujuan, mengenali pos pengeluaran prioritas, membiasakan menyisihkan uang mulai dari jumlah kecil, membuat rekening tabungan khusus, hingga mengalokasikan dana tabungan ke reksa dana.

Selain itu, memiliki tabungan khusus sesuai target juga dapat memudahkan kamu dalam mengambil dana tabungan. Selain itu, alokasi dana tabungan dengan fitur auto-debit, konsisten menabung secara rutin, dan mengubah tabungan menjadi aset emas asli juga bisa menjadi alternatif.