Bagi anda yang suka menggunakan aplikasi VPN gratis, sebaiknya disimak dulu nih tentang apa bahaya menggunakan VPN gratis tersebut

Bagi anda yang suka menggunakan aplikasi VPN gratis, sebaiknya disimak dulu nih tentang apa bahaya menggunakan VPN gratis tersebut.

Apa itu VPN ?

VPN adalah sebuah sistem jaringan di atas jaringan public, jadi perangkat yang menggunakan VPN wajib bisa terhubung ke internet, baik server maupun client.

Sebenarnya fungsi utama dari jaringan VPN adalah untuk mengamankan data pada saat melakukan pertukaran data melalui internet.

Tapi ada beberapa oknum yang menggunakan jaringan VPN untuk mencuri data para clientnya, ya bisa dengan iming-iming memberikan akses ke VPN mereka secara gratis kepada orang-orang.

Bahaya Menggunakan VPN Gratis

Pastinya anda penasaran kan, apa sih bahaya menggunakan VPN itu ?

Sebelum kita membahas topik utama mengenai bahaya menggunakan VPN gratis, ada baiknya kami terlebih dahulu menjelaskan cara kerja VPN, agar nantinya lebih mudah untuk di pahami tentang apa bahaya yang dapat merugikan anda jika menggunakannya.

Cara Kerja VPN

Ketika anda menggunakan jaringan VPN, anggap saja anda menggunakan aplikasi VPN, maka setiap anda ingin terkoneksi ke internet, maka ip public Hp anda akan terhubung ke ip public VPN dan anda akan berselancar di internet menggunakan IP public VPN.

Oleh sebab itu, orang-orang yang menggunakan VPN bisa membuka situs-situs yang sudah di blokir oleh administrator jaringan, karena administrator jaringan tidak mendeteksi adanya IP clientnya yang sedang mengakses situs-situs yang sudah di blokir.

Untuk membuktikannya silahkan cek IP Address Hp anda melalui menu pengaturan Hp.

Apa Bahaya Menggunakan VPN Gratis

Sebenarnya sih boleh-boleh saja menggunakan VPN yang gratis, asalkan sumber VPN itu dapat di percaya.

Apabila menggunakan aplikasi VPN bukan dari sumber yang tidak dapat di percaya, bisa saja mereka mengambil data anda dan menggunakannya untuk merugikan anda sendiri.

Contohnya mereka akan mengambil password dari aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan keuangan, misalnya Mobile Banking, Aplikasi belanja online dan lain sebagainya.

Saran kami, jika memang membutuhkan sebuah jaringan VPN, gunakanlah VPN yang premium, meskipun VPN premium juga tidak menjamin data aman, tapi setidaknya meminimalisir reseiko pengambilan data oleh orang lain.

Bagikan:

majalahtren

Penulis artikel tentang teknologi, bisnis, kucing, rumah, microsoft dan trending