Cara Setting Cloudflare Untuk Domain Hosting Maupun VPS

Pada artikel yang sebelumnya kami sudah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan Cloudflare. Setelah anda mengerti, maka kita akan melanjutkan ke tutorial cara setting cloudflare di hosting maupun di VPS.

Pada saat anda membaca artikel ini, kami beranggapan anda sudah mengetahui tentang cludflare, sehingga memutuskan untuk menggunakannya.

Cara Setting Cloudflare

Cara setting cloudflare untuk domain di shared hosting, cloud hosting dan VPS, cara settingnya sama saja, tidak ada perbedaan yang signifikan.

Meskipun cloudflre memiliki review yang buruk bagi pengguna jaringan Telkom di indonesia, tapi kita bisa mendisable fitur proxy, sehingga tidak mempengaruhi ketika di akses menggunakan jaringan apapun.

Baru-baru ini, grup-grup blogger di hebohkan oleh situs mereka down, padahal sudah di umumkan oleh penyedia layanan bahwa name server mereka sedang ada gangguan.

Sebenarnya pada waktu itu domain majalahtren.com ini juga dari niagahoster, alhamdulillah tidak mengalami masalah, karena sebelumnya kami sudah menggunakan name server dari cloudflare, jauh sebelum name server niagahoster bermasalah.

Pada contoh ini kami juga akan mencontohkan cara setting cloudflare untuk domain di niagahoster, Jika anda pengguna layanan yang lainpun tidak masalah, karena sama saja.

Setting Name Server Cloudflare Di Hosting Maupun VPS

Syarat pertama agar cara setting cloudflare ini bisa berjalan dengan baik adalah pastikan bahwa situs anda sedang baik-baik saja ( tidak down ).

  1. Buka Situs cloudflare.com
  2. Pilih Login Atau Buat Akun Jika Belum Memiliki Akun
  3. Pilih Add a Site
  4. Masukkan Nama Domain
  5. Pilih Yang Free Lalu Continue
  6. Cloudflare Akan Scan AAAA dan CNAME Dari Penyedia Domain
  7. Karena Kita Hanya Akan Menggunakan Name Server Saja, Maka Matikan Proxy Dengan Cara Mengklik Logo Awan Warna Kuning
  8. Satatus Akan Berganti Dari Proxied Menjadi DNS Only
  9. Klik Continue
  10. Kita Akan Mendapatkan 2 Name Server Baru Yang Akan Digunakan Untuk Mengganti Name Server Dari Penyedia Domain
  11. Buka Layanan Penyedia Domain
  12. Pilih Kelola Domain
  13. Pilih Name Server
  14. Ganti Name Server Dengan Name Server Cloudflare
  15. Buka Kembali Cloudflare
  16. Pilih Done, Check Nameservers
  17. Get Started
  18. Aktifkan Https Kemudian Save
  19. Aktifkan Always Use Https Kemudian Save
  20. Auto Minify Jangan Di Aktifkan
  21. Brotli Jangan Di Aktifkan

Setelah selesai, periksa situs anda, apakah sudah berjalan atau tidak dapat di akses, jika tidak dapat di akses, periksa DNS Server.

Cara Cek DNS

  1. Buka Situs dnschecker.org
  2. Masukkan Nama Domain
  3. Pilih NS
  4. Pilih Search

Apabila sudah ada tanda ceklis warna hijau seperti gambar di bawah ini, berarti sudah berjalan dengan lancar, namun apabila masih merah, kemungkinan besar karena propagasi DNS, tunggu saja beberapa menit.

Jika anda menerapkan semua cara setting cloudflare ini, maka kami pastikan bahwa situs anda tidak akan berat jika di akses dengan jaringan apapun, termasuk telkom.