Sering kali menjadi perdebatan antara Cloud Hosting VS VPS, ada yang bilang Cloud Hosting lebih baik dan juga ada yang bilang VPS yang lebih baik

Sering kali menjadi perdebatan antara Cloud Hosting VS VPS, ada yang bilang Cloud Hosting lebih baik dan juga ada yang bilang VPS yang lebih baik.

Sebagai seseorang pemula, tentunya hal seperti ini sangat membingungkan, karena ada 2 jawaban yang berbeda.

Nah, disini kami akan sedikit menggambarkan tentang Cloud Hosting VS VPS, mana yang lebih baik dan lebih cocok untuk anda.

Cloud Hosting VS VPS

Cloud hosting dan VPS sama-sama sebuah server yang bisa untuk dijadikan sebagai server web, mana yang lebih baik ?, tergantung dengan budget dan pengetahuan anda tentang teknologi server.

Lho kok begitu ?, agar lebih mudah di pahami, sebaiknya kita membahas pengertian dari kedua server ini dulu.

Apa Itu Cloud Hosting ?

Komputasi awan atau yang kita kenal sebagai Cloud Hosting adalah sebuah server web hosting yang menggunakan berbagai server untuk memaksimalkan Uptime dan kecepatan website yang di host di dalamnya.

Ketika anda memilih menggunakan Cloud Hosting, maka sudah bisa dipastikan server anda tidak akan pernah down, kecuali ada masalah pada provider jaringan, karena cloud hosting memiliki banyak server, jika server 1 down, maka masih ada server lain yang berfungsi dengan baik.

Di dalam cloud hosting ada yang namanya Cloud Cluster, dimana cloud cluster adalah sebuah resource untuk satu pengguna cloud hosting.

Cloud hosting di suport oleh tim customer service, apabila ada gangguan, misalnya ada serangan pada web kita, maka kita dapat berkonsultasi dengan customer service penyedia Cloud Hosting.

Menggunakan Cloud Hosting sama seperti kita menggunakan Shared Hosting, dimana sudah tersedia Cpanel atau Direct Admin, sehingga kita lebih mudah untuk menggunakannya.

Harga sewa Cloud Hosting lumayan tinggi, rata-rata di atas Rp. 100.000 / bulan.

Apa Itu VPS ?

VPS ( Virtual Private Server ) adalah server private yang bisa dijadikan sebagai server website, seluruh resource hanya digunakan oleh satu pengguna.

Sebenarnya VPS bisa digunakan untuk banyak fungsi, misalnya membuat penyimpanan, untuk VPN, dan bahkan anda bisa membuat hosting sendiri menggunakan VPS.

Instalasi dan settingan VPS dilakukan sendiri, sehingga sangat tidak disarankan untuk orang awam yang tidak begitu paham dengan teknologi server.

Keamanan dan optimasi lainnya lebih sulit dilakukan, kecuali anda menggunakan jasa setup VPS.

Harga sewa VPS lebih murah dibandingkan dengan Cloud Hosting, ada yang harganya Rp. 45.000 / bulan, dan ini sudah cukup untuk situs personal.

Apabila terdapat gangguan pada server ( bukan gangguan jaringan ), anda tidak mendapat suport penuh oleh Technical Suport, karena mereka tidak bisa masuk ke dalam server, kecuali anda memberikan username dan password VPS.

Cloud Hosting VS VPS, Mana Yang Terbaik Untuk Anda ?

Dari penjelasan di atas pastinya anda sudah mengetahui perbedaan VPS dan Cloud Hosting, jika anda memiliki budget dan tidak ingin susah payah untuk melakukan optimasi server, maka anda dapat menggunakan Cloud Hosting.

Apabila anda memiliki minim budget dan memiliki sedikit pengetahuan tentang server, maka dapat menggunakan VPS.

Karena saya sedikit mengerti tentang teknologi server, maka saya lebih memilih menggunakan VPS, selain itu saya bisa sambil belajar lagi tentang teknologi server, baik optimasi speed maupun keamanan.

Bagikan:

majalahtren

Penulis artikel tentang teknologi, bisnis, kucing, rumah, microsoft dan trending