Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Teknologi1475 Views

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi sudah menjadi alternatif ideal bagi semua orang untuk memaksimalkan ponsel mereka.

Bagaimana dengan kamu? Apakah sudah memeriksa ruang penyimpanan yang tersisa saat ini? Jangan sampai terkuras ya Guys. Supaya kinerja ponsel anda tetap stabil.

Ungkapan tentang memori penyimpan, baik RAM maupun memori internal, tidak bisa kita hindari jika berbicara tentang ponsel. Apalagi, dengan banyaknya aplikasi yang di unduh dan file yang terus bertambah.

Tidak heran jika saat ini banyak pengguna smartphone, terutama pengguna Android, mencari cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan di perangkat miliknya. Saya yakin, kamu juga berfikir hal yang sama dengan saya.

Jadi, bagi kamu yang kebetulan memiliki banyak aplikasi tetapi tidak ingin menghapusnya, tenang saja. Karena kami akan menunjukkan cara terbaik untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa harus menghapus satu atau semua aplikasi di ponsel milikmu.

Sebagai hasil dari tindakan itu, semua program aplikasi apa pun yang telah kamu install akan tetap berjalan dengan baik. Jadi saya harap, kamu bersedia memahami semua metode yang sudah saya tulis sebagai berikut.

Baca Juga: Aplikasi Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Laptop Bahkan Terhapus Permanen

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

RAM yang hampir penuh dan penyimpanan internal dapat menyebabkan ponsel melambat. Bahkan tidak jarang pula program aplikasi apa pun secara tiba-tiba terhenti atau di tutup paksa.

Apa yang sebenarnya terjadi? Kamu harus menyadari bahwa semua masalah ini karena banyaknya aplikasi yang memenuhi memori penyimpanan. Oleh karena itu, silakan ikuti metode di bawah ini untuk menghapusnya dan mengembalikan semuanya agar kembali menjadi normal.

1. Hapus Cache Pada Ponsel

Secara umum, aplikasi yang kamu gunakan sehari-hari akan menghasilkan berkas Cache. Seiring aplikasi tersebut di akses maka akan terjadi penumpukan berkas Cache.

Kamu harus ingat bahwa Cache sendiri bukan bagian dari fitur atau jenis program di sebuah aplikasi. Melainkan sampah yang bersarang di aplikasi yang sering kamu akses.

Jika kamu biarkan Cache ini terus bersarang, maka dampaknya akan memperlambat kinerja ponsel dan bahkan menguras ruang penyimpanan. Oleh karena itu, menghapus cache adalah bagian pertama yang bisa kamu terapkan ketika ingin mengosongkan ruang penyimpanan tanpa harus menghapus aplikasi.

Bingung dan tidak mengerti bagaimana cara melakukan semua itu? Silahkan ikuti petunjuk yang sudah saya sediakan berikut ini.

Cara Menghapus Cache Aplikasi

  1. Buka menu setting pada ponsel Anda.
  2. Tekan Lanjutkan.
  3. Temukan fitur manager aplikasi di ponsel Anda. Setiap HP terkadang memiliki istilah yang berbeda, sehingga file manager ini sama pula dengan pengelola aplikasi.
  4. Tentukan satu aplikasi. Misalnya, kamu akan menghapus cache di aplikasi WhatsApp. Silahkan tekan aplikasi ini untuk di pilih.
  5. Klik Lihat Detail untuk melanjutkan.
  6. Perhatikan Cache Data. Kamu akan melihat besarnya cache yang bersarang di aplikasi ini. Jika ukurannya sudah besar, tentu saja akan menghambat dan bahkan menguras RAM di ponsel yang kamu miliki.
  7. Klik Hapus Cache. Untuk menghapusnya, kamu cukup tekan tombol hapus Cache.
  8. Selesai.

Supaya ruang penyimpanan tetap stabil, kamu perlu mengoptimalkan semua aplikasi dengan cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Terapkan panduan tersebut ke setiap aplikasi di ponsel Anda. Hal ini akan mengosongkan ruang penyimpanan tanpa harus menghapus aplikasi.

2. Pindahkan Aplikasi dari Internal ke Kartu SD

Meskipun perangkat lunak yang di unduh umumnya di simpan di memori internal, kamu tetap dapat memindahkannya ke memori eksternal (SD Card). Tentu saja ini upaya yang bisa saya rekomendasikan untuk mengosongkan ruang memori internal.

Karena sebagian besar ponsel baru tidak di dukung dengan memori eksternal (juga di kenal sebagai kartu memori), belilah terlebih dahulu kartu tersebut.Setelah itu, pasang langsung ke ponsel yang kamu gunakan. Terakhir, Pindahkan aplikasi dari internal ke kartu SD dengan cara:

  1. Buka ponsel yang kamu miliki.
  2. Masuk ke bagian pengaturan pada ponsel.
  3. Tentukan aplikasi yang ingin di pindahkan.
  4. Klik nama aplikasi tersebut.
  5. Klik Move to SD Card untuk memindahkan aplikasi itu ke memori external.

Yang perlu kamu ingat adalah, setiap ponsel memiliki konfigurasi yang berbeda. Mungkin saja panduan di atas tidak berfungsi di HP milik mu.

Jika hal ini benar, tentu saja itu bagian dari masalah baru yang akan menimpa mu.

Namun kamu tidak perlu khawatir dengan masalah itu. Gunakan aplikasi untuk membantu menyelesaikan masalah ini.

Banyak Apk yang bisa kamu manfaatkan untuk memindahkan aplikasi dari internal ke kartu SD. Saran, carilah referensi lain untuk panduan ini.

3. Alihkan Lokasi penyimpanan Gambar dan Video ke Kartu SD

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi yang ke tiga yaitu dengan mengalihkan penyimpanan gambar dari hasil kamera ke kartu SD.

Meskipun masalah ini terlihat sepele, justru ini adalah salah satu file yang akan menguras ruang penyimpanan di ponsel yang kamu punya.

Baca Juga: Pengaturan Kontrol Tombol FF Terbaik 2022

Jadi sebaiknya lakukan tindakan secepat mungkin agar kinerja ponsel milik mu tetap konstan dan tidak lag.

Cara mengatur lokasi penyimpanan untuk gambar dan video sendiri tergolong mudah. Berikut panduan yang bisa kamu terapkan:

  1. Segera buka ponsel yang kamu punya.
  2. Jalankan aplikasi Kamera di ponsel Anda.
  3. Masuk ke bilah pengaturan pada kamera.
  4. Pilih lokasi penyimpanan.
  5. Alihkan penyimpanan ke SD Card.
  6. Selesai.

Ketika kamu menerapkan konfigurasi seperti di atas, maka setiap kali kamu menangkap gambar atau membuat video, fike tersebut akan otomatis tersimpan ke karti SD. Ini artinya, kamu tidak perlu takut RAM atau internal di ponsel mu menipis.

Itu lah panduan Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi yang bisa saya bagikan hari ini.

Kesimpulan

Agar kinerja ponsel anda tetap konstan dan tidak lag, maka kamu harus mengosongkan ruang penyimpanan. Berikut adalah kesimpulan Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi:

  1. Hapus Cache Pada Ponsel.
  2. Pindahkan Aplikasi dari Internal ke Kartu SD.
  3. Alihkan Lokasi penyimpanan Gambar dan Video ke Kartu SD.

Semoga semua informasi atau ulasan di atas bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa dalam artikel lainnya.