3 Cara Mengatasi Hp Samsung Yang Hanya Muncul Logo Samsung

Cara Mengatasi Hp Samsung Yang Hanya Muncul Logo Samsung

Ada berbagai masalah kerusakan yang ada pada hp samsung, salah satunya yaitu hanya muncul logo samsung saja ketika di hidupkan. Nah disini kami akan membahas cara mengatasi HP samsung yang hanya muncul logo samsung nya saja ketika di hidupkan.

Apa Penyebab HP Samsung Hanya Muncul Logo Nya Saja Ketika Di Hidupkan ?

Ada 2 penyebab kerusakan pada HP samsung apabila di hidupkan hanya sampai logo, yaitu kerusakan bagian hardware atau software.

Kerusakan pada bagian hardware adalah kerusakan pada MMC, sehingga kita perlu mengganti dengan MMC yang baru, sedangkan jika kerusakan pada bagian software, maka bisa kita format factory atau flash ulang dan ini bisa kita lakukan sendiri tanpa membawa ke tempat service.

Coba anda ingat sebelum hp tersebut mendapatkan masalah ini, apakah baru menginstal aplikasi, memperbahrui aplikasi atau karena benturan.

Jika masalah karena aplikasi, kemungkinan besar bisa di format factory atau di flash ulang, sedangkan apabila terkena benturan, kemungkinan besar kerusakan pada hardware yaitu MMC.

1. Format Factory

Format factory sama dengan kembali ke pengaturan pabrik, namun kita tidak perlu masuk ke menu settingan atau pengaturan Hp.

Bukan hanya di HP samsung saja, di Hp android lainnya pun kita bisa melakukan format factory, mungkin caranya saja yang sedikit berbeda.

Langkah paling mudah mengatasi hp samsung yang hanya muncul logo samsung adalah dengan cara di format factory.

Cara Format Factory Samsung

  1. Matikan HP
  2. Tekan Tombol On Dan Volume UP Secara Bersamaan
  3. Tahan Hingga Muncul Beberapa Pilihan
  4. Pilih Format Factory ( Gunakan Volume UP Dan Down Untuk Menggeser Ke Atas Atau Ke Bawah Lalu Tombol On Untuk Memilih )
  5. Tunggu Hingga Proses Selesai
  6. Restart HP

Kondisi paling ringan mengatasi masalah Hp samsung yang hanya muncul logo samsung bisa di atasi dengan format factory.

Apabila dengan format factory masih belum bisa teratasi, cobalah untuk melakukan cara ke 2 di bawah ini.

3. Flash Ulang

Langkah kedua cara mengatasi hp samsung yang hanya muncul logo samsung adalah dengan cara flash ulang.

Beberapa software yang harus dipersiapkan sebelum flash ulang adalah ROM ( wajib sesuai dengan merk dan type Hp samsung yang digunakan ) dan software ODIN.

Selain itu, persiapkan 1 buah kabel USB untuk mengkoneksikan HP ke laptop atau PC.

Disini kami tidak akan membahas cara flash ulang, karena dimasing-masing merk hp samsung itu berbeda. Mungkin pada lain kesempatan akan kami buatkan cara flash ulang beberapa type hp samsung.

3. Ganti MMC

Apa Itu MMC ?

MMC adalah salah satu hardware pada HP yang berfungsi untuk penyimpanan internal HP. Seperti tempat penyimpanan aplikasi-aplikasi HP.

Apabila MMC HP rusak, pastinya aplikasi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Masalah paling parah jika hp samsung mentok di logo adalah karena kerusakan pada MMC.

Kami menyarankan untuk membawa Hp tersebut ke tempat service saja, karena mengganti MMC memerlukan teknik khusus, bahkan tidak semua teknisi Hp bisa mengganti MMC.

Sebagai informasi tambahan bahwa kami pernah membahas cara mengunci jaringan 4G hp samsung untuk mempercepat koneksi internet, apalagi di daerah-daerah yang jaringan 4G nya masih belum stabil.

Semoga majalah cara mengatasi hp samsung yang hanya muncul logo samsung ini bermanfaat, silahkan baca majalah lainnya seputar Hp android.