Mengatasi Masalah Kucing Mencret Dan Muntah

Berbagai masalah kucing tentunya pernah ditemukan oleh orang-orang yang memelihara kucing dirumah, salah satunya kucing mencret dan muntah.

Melihat kucing mencret dan muntah, itu tidak bisa di anggap sepele, jika anda tidak ingin kejadian fatal terjadi kepada kucing kesayangan anda.

Kucing Mencret Dan Muntah

Sebelum membahas lebih lanjut, kami ingin menyampaikan, bahwa yang dimaksut disini bukan kucing mencret yang di sertai muntah-muntah ya, melainkan hanya satu kondisi saja, yaitu mencret atau muntah.

Kucing mencret dan muntah tentunya kondisi kesehatan kucing tersebut sedang mengalami tidak baik atau sedang sakit.

Disini kami akan mencoba membahas penyebab kucing mencret dan muntah serta solusi cara mengatasinya dengan tepat.

Kucing Mencret

Kucing mencret atau sedang mengalami diere biasanya disebabkan oleh 3 faktor di bawah ini.

  1. Saluran Pencernaan Terserang Virus
  2. Saluran Pencernaan Terserang Bakteri
  3. Karena Pergantian Makanan

3 Penyebab kucing mencret di atas akan kita bahas satu persatu, agar nantinya anda lebih mudah mengetahui penyebab kucing anda mencret.

Terserang Virus

Virus dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan kucing, sehingga dapat mengakibatkan kucing mencret-mencret.

Virus masuk kesaluran pencernaan kucing bisa dengan banyak cara, bisa dari makanan, minuman atau dari kucing yang lain yang memiliki penyakit menular.

Terserang Bakteri

Biasanya, bakteri menyebar kesaluran pencernaan kucing melalui air minum, jadi jangan biarkan kucing anda meminum air yang mengandung bakteri, misalnya air yang belum di masak, air hujan, pokoknya air yang tidak layak untuk di minum.

Pergantian Makanan

Perut kucing sangat sensitif terhadap makanan, pencernaan kucing memerlukan waktu untuk mengenali makanan yang akan di cerna.

Jika anda berniat untuk mengganti makanan kucing dari makanan merk yang lama ke makanan merk yang baru, kami sarankan untuk tidak langsung menggantinya sekaligus 100%, melainkan dengan cara bertahap.

Caranya adalah dengan mencampur makanan merk yang lama dengan merk yang baru selama 3 hari sampai 1 minggu.

Mengatasi Masalah Kucing Mencret

Apabila kucing mencret dan mengeluarkan kotoran yang berbau anyir dan berdarah, sebaiknya anda membawanya ke dokter hewan, karena kotoran yang berbau anyir dan berdarah disebabkan oleh virus yang ganas.

Biasanya dokter hewan akan memberikan obat anti biotik untuk si kucing.

Jika kucing hanya mencret biasa dan tidak berdarah, anda bisa mencoba memberikan pertolongan pertama dengan cara alami di bawah ini.

  1. Memberi tempe yang sudah di rebus di tambah dengan kuningan telur ayam kampung kepada kucing – Agar kucing mau memakan tempe yang sudah di rebus dan kuningan telur, anda bisa mencampurkan dengan makanan kucing dan di aduk hingga merata
  2. Memberikan Rebusan Buah Labu Yang Sudah Matang Kemudian Di Campur Ke Makanannya

Kucing Muntah

Muntah adalah gejala yang ditunjukan oleh kucing karena ada perubahan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh kucing.

Apabila kucing muntah dan disertai kondisi badan kucing melemah, sertah membuat kucing kurang aktif, maka segeralah untuk membawanya ke dokter hewan untuk di konsultasikan lebih lanjut.

Ingin tahu penyebab kucing muntah dan cara mengatasinya secara alami, silahkan baca artikel yang sebelumnya.