11 Kesalahan Blogger Pemula Paling Sering Dilakukan Dan Berakibat Fatal

Artikel ini sebenarnya hanya berbagi pengalaman saja, khususnya kepada blogger pemula tentang kesalahan blogger pemula paling sering dilakukan, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Saya berharap artikel ini bermanfaat dan bisa menambah semangat blogger pemula agar tidak cepat menyerah dengan kerasnya dunia blogging ini.

Semenjak tahun 2018, saya fokus di dunia bloger, bahkan perkerjaan kantoran saya lepas, karena dengan sangat yakin bisa menghasilkan uang melalui blog.

Mungkin sebagian orang menganggap keputusan ini sangat gila, tapi saya akan membuktikannya pada semua orang bahwa keputusan ini adalah sebuah kebenaran.

Kesalahan Blogger Pemula

Mengenai kesalahan blogger pemula yang saya buat ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis sendiri ya, dan ini fakta.

Dari pertama kali saya mulai mengenal blog, berbagai kesalahan sudah saya lakukan.

Dulu sih saya tidak menyadari bahwa hal-hal yang saya lakukan tersebut adalah sebuah kesalahan, hingga pada akhirnya saya menyesali perbuatan tersebut.

Penasaran kesalahan apa yang sudah saya lakukan sebagai blogger pemula di waktu dulu ?

Kesalahan Memilih Nama Domain

Rata-rata domain dengan harga murah sudah pernah saya coba, seperti domain .xyz, .store, .biz, .me dan yang terakhir .com.

Domain .com pun sering di gonta ganti, setelah membeli domain, eh beberapa minggu berikutnya kepikiran dengan nama domain yang dirasa keren, kemudian ganti domain lagi.

Sebelum membeli domain, lebih baik dimantapkan terlebih dahulu, jika dirasa cocok baru di beli pada penyedia domain terpercaya.

Gonta Ganti Tema Blog

Blogger pemula tentunya pernah saling mengunjungi situs dengan blogger yang lain.

Ketika saya saling mengunjungi situs dengan sesama blogger pemula, saya menemukan tema blog yang keren, kemudian tertarik untuk menggunakannya, dan ini terjadi terus menerus.

Pada akhirnya saya sadar, bahwa tampilan tema cukup sederhana saja, asalkan responsive dan SEO, seperti tema yang saya gunakan saat ini.

Untuk pengguna blogger, anda bisa menggunakan tema viomagz atau linkmagz, sedangkan untuk wordpress, anda bisa menggunakan tema WpAmp atau tema gratis dari wordpress.

Tidak Konsisten

Tidak konsisten adalah kesalahan blogger pemula yang paling sering terjadi. Baru berjuang 1 sampai 4 minggu saja sudah mulai malas-malasan membuat artikel.

Ingat bro, ngeblog itu butuh perjuangan yang sangat berat.

Jujur saja, saya gajian pertama dari adsense harus menunggu 1 tahun lebih, itupun hanya Rp. 1.900.000.

Menjadikan Blog Sebagai Penghasilan Satu-Satunya

Mengharap mendapat penghasilan dari blog tidak lah sebuah kesalahan, hanya saja, jika blog masih memiliki traffic yang sedikit, tentunya pendapatan juga sedikit.

Untuk bisa gajian setiap bulan dari adsense, minimal traffic blog di atas 1000.

Jadi, jika traffic blog anda masih di bawah 1000, sebaiknya cari pemasukan lain untuk sementara waktu, agar biaya hidup tercukupi.

Mencari pemasukan lain ketika sedang mengelola blog yang paling mudah adalah dengan cara menjual pulsa dan token listrik, saya pastikan tidak akan mengganggu anda untuk mengelola blog.

Tidak Saling Mendukung

Jika anda ingin menjadi seseorang yang sukses, maka jauhilah sifat dengki.

Saya adalah seorang member dari grup blogger indonesia, saya melihat di grup tersebut banyak orang yang memiliki sifat dengki.

Banyak blogger pemula yang bertanya, setelah di share solusi dari pertanyaan mereka melalui artikel, eh malah di bom klik dan AGC.

Kan kampret tuh, niat baik malah di balas dengan kejahatan.

Jujur saja, ketika saya mencari referensi di internet dan menemukan artikel yang menurut saya bermanfaat, saya selalu memberikan dukungan kepada mereka dengan cara menambah penghasilan mereka, anda pastinya tahulah apa yang saya maksut.

Itu saya lakukan sebagai rasa ucapan terima kasih kepada mereka karena sudah memberikan ilmunya.

Bayangkan, jika di grup yang memiliki puluhan ribu orang jika kita semua saling mendukung, saya yakin kita semua akan sukses, toh uang yang di dapat dari seorang blogger bukan uang si pengunjung, melainkan uang si pengiklan.

Melihat Blog Sendiri Dan Klik Iklan

Kesalahan blogger pemula yang satu ini sangat fatal, jadi wajib untuk dihindari.

Karena tidak sabar dengan penghasilan dari blog yang sedikit, kebanyakan blogger pemula ingin coba-coba klik iklan di blognya sendiri.

Berharap tidak ketahuan oleh Google, hello !!, google itu pintar bro.

Meski anda menggunakan VPN, namun Mac Address Hp anda sudah diketahui oleh google.

Meski hari kemaren dan hari ini pendapatan anda meningkat, namun pada saat akan gajian anda akan mendapatkan bonus melalui email oleh google adsense.

Bonus tersebut menyebutkan, Selamat Akun Anda Di Non Aktifkan.

Sebenarnya kita bisa mengatur penempatan iklan agar bisa mendapatkan banyak klik, tanpa perlu klik iklan sendiri.

Tidak Upgrade Ilmu

Ngeblog itu bukan hanya sekedar menulis artikel saja, ada hal-hal yang harus dipelajari, yaitu SEO.

Ilmu SEO bisa kita dapatkan sambil menulis artikel, perhatikan semua artikel yang anda buat.

Artikel mana yang paling banyak dikunjungi dan artikel mana yang berada di halaman pertama google.

Terkadang tanpa kita sadari kita pernah membuat artikel yang SEO nya sangat bagus dan berada di halaman pertama google.

Coba analisa artikel tersebut, terapkan pada artikel berikutnya, jika gagal maka coba dengan cara yang berbeda, maka suatu saat anda akan menemukan sendiri ilmu SEO itu.

Kami bukanlah ahli dalam SEO, tapi insya Allah traffic blog ini selalu meningkat sedikti demi sedikit, begitu juga dengan penghasilannya.

Membuat Backlink Spam

Demi mencari traffic, tidak sedikit blogger pemula yang melakukan spam link di komentar-komentar, mungkin karena frustasi kali ya karena traffic blognya masih sedikit.

Membuat backlink spam akan berdampak buruk pada situs anda, meski untuk sementara waktu anda mendapatkan traffic dari link komentar tersebut, lalu apa jadinya jika pemilik blog melaporkan ke google bahwa ada link spam pada blog mereka.

Jika hal demikian sampai terjadi, maka bisa dipastikan blog anda akan sulit berkembang.

Meski google mengatakan backlink sebagai salah satu rank factor, tapi saya tidak perduli, selama mendapatkan backilink dengan cara yang salah, maka saya lebih memilih 0 backlink.

Kecuali backlink yang di dapat secara natural, misalnya ketika anda membaca artikel ini, terus berniat membuat artikel dengan pembahasan yang sama, mungkin dengan judul Tips Sukses Ggeblog, kemudian anda masukan link artikel ini dengan anchor text kesalahan blogger pemula yang berakibat fatal.

Nah backlink tersebut sangat berpengaruh baik kepada situs saya dan juga situs anda.

Membuat Tutorial Yang Merugikan Para Blogger

Demi membuat artikel, banyak blogger tidak menghiraukan kerugian untuk dirinya sendiri dan kerugian para blogger yang lain, misalnya tutorial blokir iklan di browser.

Coba bayangkan, jika semua orang memblokir iklan, siapa yang rugi ?.

Kita-kita sebagai blogger bukan ?.

Sebelum membuat tutorial, coba fikirkan apakah tutorial tersebut bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, atau malah merugikan diri sendiri.

Copy Paste Artikel Milik Blogger Lain

Copy paste artikel milik blogger lain adalah kesalahan blogger pemula yang pemalas. Jika tidak ada niat untuk menulis artikel, sebaiknya berhenti mulai dari sekarang.

Untuk sekedar mencari referensi sih boleh-boleh saja melihat artikel pada situs lain, tapi dikembangkan lagi dan dibuat dengan gaya bahasa yang berbeda.

Rata-rata blogger juga menggunakan cara yang sama kok, termasuk saya sendiri, wkwkw.

Blog yang hanya copy paste di blog lain tidak akan berkah bro, selain merugikan orang lain, perbuatan tersebut juga merugikan diri sendiri.

Bukankah tujuan kita ingin menghasilkan uang yang halal dari blog ?.

Apakah anda pernah melakukan beberapa kesalahan blogger pemula yang kami bahas di atas ?, jika sudah terlanjur melakukannya, anda masih memiliki banyak waktu untuk memperbaikinya.