Lakukan Hal 6 Hal Ini Saat Kamu Bertengkar dengan Pasanganmu

Lifestyle94 Views

Lakukan Hal 6 Hal Ini Saat Kamu Bertengkar dengan Pasanganmu

majalahtren.com – Lakukan Hal 6 Hal Ini Saat Kamu Bertengkar dengan Pasanganmu. Menyelesaikan masalah rumah tangga perlu dilakukan dengan tenang. Tujuannya agar pertarungan tidak memanas dan berlarut-larut. Apalagi berdebat dengan penuh emosi juga diketahui berdampak buruk bagi kesehatan.

Konflik dalam rumah tangga adalah hal yang biasa. Agar keharmonisan rumah tangga tetap terjaga, ketahuilah beberapa hal yang perlu dilakukan saat bertengkar dengan pasangan.

Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Bertengkar

Agar tidak terjadi pertengkaran berkepanjangan yang berujung adu mulut, Anda bisa melakukan hal-hal berikut saat Anda memiliki masalah dengan pasangan:

1. Tenang dan jaga jarak

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat bertengkar dengan pasangan adalah menenangkan diri terlebih dahulu. Bila perlu, Anda juga bisa meminta waktu sendiri atau menjaga jarak dengan pasangan untuk sementara waktu.

2. Berkomunikasi dengan pasangan Anda

Setelah Anda tenang, cobalah memulai percakapan dengan kalimat positif. Anda juga bisa memuji kebaikan pasangan Anda.

Misalnya, jika Anda tidak suka pasangan Anda sering pulang terlambat karena pekerjaan, Anda bisa mengungkapkan betapa bangganya Anda memiliki pasangan yang pekerja keras. Namun, sampaikan juga padanya bahwa Anda mengkhawatirkan kondisi kesehatannya.

Beri tahu pasangan Anda bahwa keluarga di rumah juga membutuhkan perhatian dari mereka. Setelah itu sampaikan baik-baik bahwa Anda ingin dia segera pulang jika tidak ada hal yang benar-benar penting setelah jam kantor.

3. Gunakan nada suara atau intonasi yang lembut

Nada atau intonasi suara saat berdebat sangat menentukan arah pertarungan. Jika saat bertengkar kamu berbicara dengan nada tinggi, maka suasana akan semakin memanas. Kata-kata Anda mungkin juga diabaikan olehnya.

Jika pasangan Anda yang berbicara dengan suara bernada tinggi, cobalah membuatnya dengan suara yang tenang. Menurunkan volume dianggap membuat orang lebih fokus membahas topik masalah. Sebaliknya, suara yang keras bisa membuat orang emosi hanya dengan mendengar nadanya.

4. Hindari memecahkan masalah saat Anda lelah

Beberapa pasangan lebih suka bersikeras menyelesaikan masalah sebelum tidur. Namun, menurut beberapa ahli, menunda proses penyelesaian masalah hingga Anda dan pasangan sudah cukup istirahat justru akan lebih baik.

Pasalnya, setelah istirahat, pikiran Anda dan pasangan akan lebih tenang, sehingga Anda lebih bisa menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan konflik baru.

Tak hanya itu, kurang tidur juga bisa membuat konflik menjadi sulit diselesaikan. Jadi, segarkan kondisi fisik dan mental Anda sebelum membicarakan masalah yang terjadi.

5. Jadilah spesifik

Mengatakan sesuatu yang spesifik dan pasti lebih baik dari sekedar memberikan “kode”. Misalnya, saat pasangan Anda terlalu sibuk dengan pekerjaannya, sampaikan bahwa Anda menghargai kerja kerasnya, tetapi Anda juga rindu menghabiskan waktu berdua dengannya.

6. Berikan sentuhan pada pasangan

Saat Anda sedang bertengkar, cobalah untuk memberinya sentuhan, misalnya memegang tangannya atau memeluknya, lalu lihat reaksinya.

Menurut sebuah penelitian, sentuhan dapat mengurangi tingkat stres dan memberikan efek menenangkan. Sentuhan juga telah dikenal untuk memecahkan masalah ketika tidak ada satu pun hal di atas yang memberikan efek positif.

Pasangan suami istri sering bertengkar saat menghadapi konflik dalam rumah tangga. Namun, ingatlah untuk mengatasi pertengkaran dengan cara yang benar, agar tidak mengganggu keharmonisan rumah tangga.