Penyebab Chanel Youtube Tidak Bisa Di Monetisasi

Penyebab Youtube Tidak Bisa Dimonetisasi

Bagi anda yang sedang membangun sebuah Chenel di youtube, anda wajib mengetahui beberapa penyebab Chanel youtube tidak bisa di monetisasi atau masa peninjauan Chanel terlalu lama.

Monetisasi Chanel Youtube adalah pengajuan Chanel Youtube ke Google Adsesen, agar video di Chanel bisa menampilkan unit iklan dan menghasilkan uang.

Saya yakin sekali bahwa tujuan utama anda membuat Chanel di Youtube adalah ingin menghasilkan uang di Youtube, namun apalah artinya jika Chanel anda tidak bisa di monetisasi, tentunya anda tidak akan mendapat penghasilan dari youtube.

Sebelum anda melangkah lebih jauh dan agar tidak menyesal dikemudian hari, sebaiknya anda mengetahui beberapa penyebab Chanel Youtube tidak bisa di monetisasi.

1. Mengupload Video Yang Melanggar Hak Cipta

Youtube sangat ketat terhadap pelanggaran Hak Cipta, baik video maupun backsound.

Mungkin untuk 1 atau 2 kali melakukan pelanggaran Hak Cipta, Chanel masih bisa di monetisasi dengan syarat anda harus menghapus video tersebut.

Menghapus video yang melanggar Hak Cipta tentunya juga akan mengurangi jam tayang pada Chanel Youtube anda.

Itu berarti, jam tayang pada video yang melanggar Hak Cipta tersebut hanya sia-sia, dikarenakan video akan di hapus.

Biasanya, awal mulai mengupload video di youtube, walaupun video yang kita upload milik orang lain, kita belum mendapat teguran dari pihak Youtube.

Tapi jika Chanel sudah memiliki banyak jam tayang dan sudah memiliki banyak Subscribe, video tersebut langsung di detect melanggar Hak Cipta milik orang lain.

Saya dulu juga merasakan hal yang sama, Chanel pertama saya adalah video karaoke yang nada-nadanya saya buat sendiri menggunakan Reaper.

Ketika Chanel saya berkembang, saya langsung mendapat teguran dari youtube bahwa Chanel saya melanggar Hak Cipta pada backsound.

Hal semacam itu membuat saya patah semangat dan memutuskan untuk berhenti mengurus chanel tersebut dan memutuskan membuat Chanel Youtube yang baru.

2. Banyak Subescribe Spam

Subscribe spam biasanya terjadi pada youtuber yang membayar orang untuk subscribe Chanel mereka.

Membeli subscribe adalah tindakan yang tidak benar, dan jika di ketahui oleh pihak Youtube, Chanel anda tidak akan bisa di monetisasi.

Selain dengan membeli subscribe biasanya youtuber mengajak orang untuk Subscribe Chanel mereka.

Mengajak orang untuk subscribe Chanel kita boleh-boleh saja, tapi yang harus anda ketahui, jika orang tersebut hanya click tombol subscribe saja tanpa menonton video, subscribe tersebut juga bisa di anggap subscribe spam oleh Youtube.

Anda pasti pernah melihat jumlah subscribe anda berkurang secara tiba-tiba, semua itu dikarenakan oleh 2 faktor.

  1. Orang yang subscribe melakukan Unsubscribe
  2. Subscribe di anggap spam oleh youtube

Jika anda meminta seseorang untuk subscribe ke Chanel anda, saya sarankan mintalah kepada mereka untuk menonton video anda sampai selesai terlebih dulu, baru click tombol subscribe dan like.

Adanya Subscribe spam atau banyak video yang melanggar kebijakan Youtube menjadi penyebab Chanel tidak bisa di monetisasi ataupun membuat proses peninjauan monetisasi menjadi lebih lama.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk youtuber, terutama untuk youtuber pemula.