Membuat Blog Dan Menghasilkan Uang Dari Blog

By | Januari 26, 2020
Membuat Blog Dan Menghasilkan Uang Dari Blog

Dulu pada saat kuliah, saya tidak percaya bahwa kita bisa menghasilkan uang dari blog, dan saya belum tertarik sama sekali untuk membuat blog.

Karena tidak yakin, saya sama sekali tidak tertarik untuk masuk ke dunia blogger, dan lebih memilih mencari kerja sampingan di waktu luang kuliah.

Setelah lulus kuliah saya memutuskan untuk mencari pekerjaan, dan alhamdulillah diterima menjadi karyawan di sebuah pabrik sebagai IT Suport.

4 Tahun berjalan, dan saya merasa sudah tidak nyaman lagi menjadi seorang karyawan, dan mulai merencanakan pekerjaan dimana pekerjaan tersebut bukan menjadi bawahan orang.

Awal bisnis yang saya lakukan adalah bisnis online dropshipper, dan berjalan dengan sangat baik.

Namanya manusia tidak bisa puas, pada bulan agustus 2019 saya memutuskan untuk menghasilkan uang dari internet dengan cara yang lain dan mulai membuat blog.

Pertama kali saya mencoba membuat blog download file yang menggunakan safelink, dan mencoba nuyul melalui safelink.

Sebenarnya hasil nuyul dari safelink cukup memuaskan, tapi karena itu bukanlah pekerjaan yang halal, saya memutuskan untuk berhenti.

Bulan september 2019 saya membuat blog baru, setelah 2 minggu berjalan langsung di ajukan ke Google Adsense.

Setelah di terima Google Adsense, saya merasakan pahitnya menghasilkan uang dari blog, dalam 1 bulan berjalan, saya baru bisa menghasilkan uang sebesar Rp. 30.000 dari Google Adsense.

Kemudian saya curhat kepada teman yang sudah berpengalaman menghasilkan uang dari blog.

Teman saya menganjurkan untuk usaha buat blog, kemudian di jual kembali agar bisa menghasilkan uang dengan cepat.

Semenjak itu saya mulai membuat blog dengan jumlah yang banyak, kemudian semuanya di ajukan ke akun Google Adsense yang berbeda.

Setelah diterima kemudian menjual 1 akun sebesar Rp. 300.000, harga yang cukup tinggi.

Bisnis tersebut saya lakukan sampai bulan desember 2019, karena salah seorang blogger senior memuji artikel yang saya buat, dan meganjurkan fokus pada 1 blog saja, dan dia menyakinkan hasilnya akan lebih dari pada menjual blog.

Pada desember saya membuat blog majalahtren.com ini dan akhir desember sudah bisa menghasilkan uang Rp. 20.000 per hari.

Hasilnya mungkin masih kecil, tapi setiap hari jumlah pendapatannya selalu bertambah, pada minggu kedua hanya Rp.3000 dan satu bulan berjalan sudah Rp. 20.000 per hari.

Memang jumlah tersebut sangat kecil tapi saya sangat yakin untuk mengembangkan blog ini dan berniat untuk mengundurkan diri sebagai karyawan.

Saat membuat artikel ini saya masih berstatus sebagai karyawan di salah satu pabrik, dan sudah mengundurkan diri, alasan utama memang karena sudah tidak nyaman dengan pekerjaan tersebut, dan dikuatkan dengan sudah mempunyai penghasilan sampingan dari internet.

Mulai Membuat Blog

Ketika pertama kali membuat blog, anda jangan berfikir tentang menghasilkan uang dulu, karena blog yang baru di buat akan sulit mencari pengunjung, dan google pun belum melirik blog yang kita bangun.

Tapi, jika dijalankan dengan serius, dalam satu bulan blog tersebut baru terasa memiliki penghasilan dari Google Adsense, dengan syarat blog sudah di terima Google Adsense.

Di dunia Blogger, terkadang ada yang namanya jatuh bangun, bulan ini dibanjiri oleh pengunjung dan bulan depan akan sepi pengunjung.

Ada beberapa platform yang paling populer digunakan oleh blogger untuk membangun blog, yaitu Blogger.com dan WordPress.

Membuat Blog Dengan Blogger.com

Bila anda menginginkan platform yang 100% gratis, maka anda bisa menjoba Blogger yaitu pruduk dari Google.

Membuat blog dengan Blogger sangatlah mudah, anda hanya memerlukan akun google, setelah memiliki akun anda bisa langsung membuat blog dengan gratis.

Kelebihan Menggunakan Blogger.com

Meskipun gratis, anda akan menemukan beberapa kelebihan yang mungkin tidak ditemukan di platform yang lain.

  1. Gratis
  2. Penyimpanan Tanpa Batas
  3. Keamanan Terjamin karena Produk Google
  4. Harga Template Premium Lebih Murah

Kekurangan Menggunakan Blogger.com

  1. Blog Langsung Di Hapus Jika Melakukan Pelanggaran

Terkadang kita melakukan pelanggaran yang mungkin tidak di sengaja.

Kejadian ini pernah saya alami, blog yang saya buat mendapat traffic dari robot yang dinamakan jlingjling, dan akhirnya blog tersebut di hapus oleh pihak Gooogle.

Saya mencoba mengajukan banding dan selalu di tolak, ini membuat saya patah semangat karena blog yang saya bangun di hapus sepihak oleh Google.

Pada akhirnya saya memutuskan membuat blog menggunakan WordPress.

Membuat Blog Dengan WordPress

WordPress itu sebenarnya open source atau bisa digunakan secara gratis, namun kita memerlukan sebuah hosting sebagai server dan memerlukan biaya tentunya.

Memilih Hosting

Tidak semua web hosting memberikan layanan yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan, untuk itu sebelum membeli hosting, anda harus tau kebutuhan pada blog nantinya.

Untuk di awal saya sarankan untuk memilih paket hosting yang paling murah dulu, ketika blog anda sudah berkembang baru di upgrade ke versi hosting yang lebih tinggi.

Rekomendasi Hosting Di Indonesia

  1. Hoster.co.id – Hoster adalah yang paling pertama saya rekomendasikan untuk hosting blog wordpress pemula, jika anda menggunakan raferral saya, saya akan membantu anda untuk menginstal wordpress di hosting hoster sampai bisa di akses dan juga akan membantu anda untk mengembangkan blog tersebut
  2. Niagahoster
  3. Rumah Web
  4. Hostinger
  5. Idcloudhost

Instal WordPress Di Hosting

Setelah anda menemukan hosting yang sesuai dengan kebutuhan, tahap selanjutnya adalah menginstal WordPress di hosting.

Jika anda menggunakan hosting di Hoster.co.id dan mendaftar menggunakan link di atas, saya akan membantu setup blog wordpress anda.

Bukan hanya itu saja, apabila anda menemukan masalah di blog nantinya, saya akan bersedia membantu semampunya.

Menghasilkan Uang Dari Blog

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog yaitu dari memasang iklan google adsense, jasa backlink, jasa content placement dan masih banyak lagi.

Mengajukan Blog Ke Google Adsense

Agar bisa menghasilkan uang dari blog, blog harus menampilkan unit iklan, salah satu iklan web yang sangat terkenal dan bayarannya cukup tinggi adalah Google Adsense.

Agar bisa bergabung menjadi publisher adsense tidak lah mudah, anda harus memahami cara agar di terima adsense.

Setelah bisa menampilkan iklan adsense di blog, itu bukan berarti anda langsung bisa menghasilkan banyak uang.

Uang yang di dapat dari Google Adsense tergantung pada jumlah pengunjung dan jumlah click iklan.

Biasanya CPC atau BPK iklan google adsense untuk blog indonesia berkisaran Rp. 1.000 s/d Rp. 2.500 per Click.

Jika BPK iklan adsense dibwah nilai yang saya sebutkan di atas, anda perlu optimasi lagi agar BPK Adsense Meningkat.

Jasa Backlink

Jika blog anda sudah memiliki nama dan pengunjung yang bagus, anda bisa memasang jasa backlink kepada blogger yang lain.

Harga backlink tergantung seberapa baik blog anda di mesin pencari dan seberapa banyak pengunjung, karena selain ingin meningkatkan SEO, pembeli backlink juga ingin mendapatkan traffic dari backlink.

Saran dari saya, jika anda memasang jasa backlink, sebaiknya hindari link menuju web yang di larang oleh google, karena akan berdampak buruk kepada blog anda.

Ok terima kasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bisa membantu, dan semoga kita semua sukses menghasilkan uang dari blog.