Artikel ini akan membahas berapa sih penghasilan youtuber per 1000 tayang dan apakah benar, dengan menjadi youtuber bisa membuat kita kaya

Artikel ini akan membahas berapa sih penghasilan youtuber per 1000 tayang dan apakah benar, dengan menjadi youtuber bisa membuat kita kaya.

Dari berbagai referensi, baik yang ada di google maupun yang ada di youtube, kebanyakan tidak ada yang sama mengenai nominal penghasilan youtuber, khususnya youtuber indonesia.

Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, seperti dari pembahasan video, durasi video dan sumber traffic penonton.

Penghasilan Youtuber Indonesia

Pasti anda heran dan bertanya-tanya, tentang penghasilan youtuber di indonesia, apalagi ada orang disekitar anda hanya di rumah saja dan hanya mengharapkan penghasilan dari youtube.

Di dalam artikel ini akan kami bahas se detail mungkin, dan contoh di ambil dari chanel youtube penulis, jadi tanpa menebak-nebak.

Kenapa kami membahas penghasilan youtuber per 1000 tayang ?

Karena penghasilan youtube itu akan masuk setiap video tayang, bukan dari jumlah subscribenya, meski jumlah subscribe hanya memenuhi syarat monetisasi saja, tapi jika penonton video sudah mencapai jutaan, hasilnya akan lebih banyak dari pada chanel 1 juta subscriber dan hanya ratusan penonton.

Hal Yang Mempengaruhi Penghasilan Youtuber

Agar penghasilan anda lebih maksimal dari youtube, sebaiknya ketahui hal-hal atau penyebab yang mempengaruhi penghasilan dari youtube, karena tidak semua video penghasilannya sama per 1000 tayang.

Pembahasan Video

Perlu anda ketahui bahwa penghasilan dari youtube di dapat dari pengiklan. Pengiklan tentunya tidak ingin menghabiskan dana tanpa ada pembeli atau pengguna yang tertarik kepada mereka.

Pengiklan juga bisa mengatur iklan mereka tampil di video-video dengan kategori tertentu.

Misalnya pengiklan aplikasi game, tentunya mereka lebih mengutamakan iklan mereka tampil pada video-video yang membahas game.

Biasanya video yang membahas teknologi, keuangan dan bisnis pendapatannya akan lebih besar dari video yang membahas kategori lain.

Perhatikan RPM dari 2 video di bawah ini.

RPM Video Tentang Aplikasi
RPM Video Tutorial

Gambar yang pertama adalah video yang membahas aplikasi, dan gambar yang kedua adalah video yang membahas tutorial microsoft word.

Kedua video tersebut RPM nya berbeda.

RPM adalah perkiraan pendapatan per 1000 tayang.

Persaingan Pengiklan

Persaingan pengiklan disini maksutnya ada pengiklan dengan produk yang sama atau hampir sama.

Misalnya iklan tiktok dan snack video.

Kami percaya, jika ada persaingan seperti ini, youtube akan menampilkan iklan yang memasang Bit yang lebih tinggi.

Jadi semakin banyak persaingan pengiklan berarti akan semakin bagus untuk youtuber.

Durasi Video

Jika anda sudah berpengalaman pastinya sudah mengetahui bahwa Mid Roll iklan hanya bisa di setting jika durasi video 8 menit atau lebih.

Jika durasi video di bawahnya, berarti iklan yang tampil adalah iklan otomatis dari youtube, bisa saja yang tampil hanya 1 iklan saja atau 2 iklan, sedangkan jika durasi video lebih 8 menit, kita bisa membuat iklan tampil pada menit-menit tertentu.

Sumber Traffic

Sumber traffic dari pencarian youtube, rekomendasi youtube dan beranda youtube akan lebih tinggi dari sumber traffic lain, misalnya sumber traffic dari sosial media, seperti facebook.

Kesimpulan

Dari bengalaman kami di selama menjadi youtuber, untuk penghasilan youtuber indonesia itu adalah minimal Rp. 8.000 per 1000 tayang dan maksimal Rp. 40.000 per 1.000 tayang.

Jika penonton video sudah sampai 1 juta, berati anda tinggal membagikan dengan 1000 dan di kalikan dengan RPM Video.

Semoga bermanfaat ya.

Bagikan:

majalahtren

Penulis artikel tentang teknologi, bisnis, kucing, rumah, microsoft dan trending