Keutamaan Sedekah Di Hari Jumat Dan Hari Lainnya

Sedekah Di Hari Jumat

Sedekah Di Hari Jumat – Kaum laki-laki tentunya selalu melaksanakan sholat jumat setiap hari jumat di mesjid dengan tujuan ingin mendapatkan pahala dari Allah. Bukan hanya itu saja, ketika berada di masjid, kita juga bisa mendapatkan pahala yang lain dengan cara bersedekah di kotak amal masjid.

Apa Itu Sedekah ?

Sedekah adalah memberi sebagian dari rezekinya kepada orang lain yang sedang membutuhkan secara iklas.

Ibnu Qusyim berkata : “Sedekah di hari jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan selainnya”

Nabi Muhammad Saw pernah ditanya mengenai sedekah, Ya Rasulullah, sedekah apakah yang paling afdhal ?

Nabi menjawab : Sedekah yang engkau berikan ketika engkau masih muda, pelit harta, bertumpuk angan-angan untuk hidup mewah dan takut bangkrut ( HR. Ahmad 7407, Nasai 2554 dan di shahihkan Syuaib Al-Arnauth )

5 Keutamaan Sedekah Di Hari Jumat Dan Juga Termasuk Di Hari-Hari Lainnya

Dalam kitab Ibnul Qosyim disebutkan bahwa sedekah di hari jumat lebih utama dari pada hari-hari lainnya.

Mungkin di hari-hari biasa kita sangat di sibukan dengan aktifitas sehari-hari sehingga lupa untuk memberikan sebagian dari rezeki kepada orang lain.

Dengan ikut sholat jumat berjama’ah di masjid bisa mengingatkan kita untuk memberikan sedekah di kotak amal masjid.

Bersedekah mengisi kotak amal masjid adalah salah satu contoh bersedekah di hari jumat.

Beberapa keutamaan sedekah di hari jumat dan juga termasuk pada hari lain ialah sebagai berikut.

1. Merupakan Amalan Mulia

Sedekah merupakan amalan yang sangat mulia karena sudah membantu sesama manusia dengan cara memberikan rezekinya kepada orang lain yang sedang membutuhkan.

2. Hari Jumat Adalah Hari Terbaik Dibandingkan Dengan Hari Lainnya

Karena hari jumat adalah hari yang paling baik, alangkah baiknya juga di isi dengan memperbanyak mencari pahala dari Allah yaitu dengan cara sholat jumat dan memberikan sedekah di kotak amal masjid.

3. Memberikan Ketenangan Hati

Dengan bersedekah hati akan merasa lebih tenang karena bisa membantu orang yang sedang membutuhkan. Setelah bersedakah hati akan merasa tenang dan damai, mungkin inilah salah satu hadiah dari Allah kepada orang-orang yang suka bersedekah.

4. Menjadikan Panjang Umur

Rasululullah pernah bersabdah “Sedekah dapat menolak balak dan menjadikan umur panjang”

Ada sebuah cerita mengenai hal ini yaitu pada masa nabi Ibrahim As, dimana pada saat itu malaikat pencabut nyawa sudah mendatangi beliau dan berkata akan mencabut nyawa salah satu muridnya sebelum melangsungkan pernikahan besok pagi.

Ketika besoknya, alangkah terkejutnya nabi Ibrahim ketika muridnya tersebut melangsungkan pernikahan dan bahkan sampai memiliki anak.

Ketika nabi ibrahim bertanya kepada malaikat izrail apakah dia berbohong pada saat itu.

Lalu malaikat izrail menjawab, sebenarnya ia tidak berbohong akan mencabut nyawa pemuda tersebut, namun Allah telah menahannya karena sebelum pernikahannya pemuda tersebut memberikan sebagian hartanya kepada orang lain.

5. Menghapus Dosa

Sebagai seorang manusia, kita memang tidak pernah luput akan dosa baik yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Nabi Muhammad Saw pernah bersabdah : ” Bersedekah itu dapat menghapus dosa sebagai mana air itu memadamkan api” ( HR. At-Tirmidzi ).

Allah maha pengasih lagi maha penyayang dan Allah akan membalas semua perbuatan kita selama di dunia ini, baik perbuatan yang baik maupun perbuatan yang buruk.

Semoga majalah ini bermanfaat dan memotivasi kita semua untuk rajin bersedekah, silahkan di share agar sesama muslim bisa mengetahui keutamaan sedekah di hari jumat dan di hari-hari lainnya.