Pengertian Amal Jariyah Beserta Contoh

Pengertian Amal Jariyah Beserta Contoh
Gambar Masjid

Mungkin ada beberapa orang yang baru belajar tentang agama islam dan belum mengetahui apa itu amal jariyah berserta contoh-contoh perbuatan yang mendapatkan amal jariyah tersebut.

Pentingnya belajar agama islam akan membuat kita selamat dunia dan akhirat jika kita benar-benar mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Amal Jariyah

Amal Jariyah adalah amal yang pahalanya terus mengalir meskipun kita sudah meninggal dunia.

Ada 3 amal dimana pahalanya akan terus mengalir meskipun kita sudah meninggal dunia yaitu sedekah jariyah, ilmu yang memberikan manfaat dan anak shalih yang mendoakan orang tuanya.

Setelah mengetahui pahala yang di dapatkan jika kita melakukan amal jariyah, pastinya anda sangat ingin bukan !!, untuk melakukan perbuatan amal jariyah ini.

Contoh Amal Jariyah

Agar lebih mudah dipahami, kami juga akan memberikan beberapa contoh seperti di bawah ini.

1. Sedekah Jariyah

Salah satu contoh sedekah jariyah adalah membangun masjid dengan hati yang tulus dan hanya mengharap ridho Allah SWT, bukan karena pamer kepada orang banyak.

Membangun masjid adalah perbuatan baik yang akan membuat kita mendapatkan pahala yang sangat besar, karena masjid digunakan untuk tempat beribadah oleh umat islam.

Selama masjid tersebut masih digunakan oleh umat muslim untuk beribadah, selama itu pula pahala akan terus mengalir untuk anda.

Selain membangun masjid, masih banyak sedekah jariyah lainnya, namun yang pasti sedekah yang selalu memberikan manfaat kepada orang lain meskipun anda sudah tiada.

2. Mengajarkan Pengetahuan Kepada Orang Lain

Apabila tidak punya cukup uang untuk membangun masjid, anda bisa mendapatkan amal yang tidak terputus dengan cara mengajarkan ilmu yang anda miliki kepada orang lain.

Selama ilmu tersebut tidak bertentangan dengan ajaran islam, dan orang yang anda ajarkan terus mengamalkannya, maka pahala akan terus mengalir untuk anda.

3. Mendidik Anak Menjadi Anak Yang Shalih

Islam sangat menganjurkan mendidik anak dari usia dini agar mengenal agama islam dan mereka menjadi anak yang sholeh atau sholeha.

Memiliki anak yang shalih pastinya mereka akan selalu mendoakan kedua orang tuanya meskipun kedua orang tuanya sudah tiada.

Selain amal jariyah juga terdapat dosa jariyah, seperti yang sudah pernah kami bahas di dosa perempuan.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share ke sosial media kalian ya !!.