Cara Defrag Hardisk Di Windows Yang Benar

By | Desember 27, 2019
Cara Defrag Hardisk Di Windows

Defrag adalah proses untuk merapikan sector-sector pada hardisk yang masih kosong, sehingga kinerja hardisk lebih baik, dan ini adalah artikel langkah-langkah cara defrag hardisk di windows yang benar.

Hardisk adalah sebuah hardware komputer yang berfungsi untuk menyimpan data seperti, dokumen, mp3, video atau yang lainnya.

Hardisk pada komputer sangat berperan penting, karena didalamnya ada data yang mungkin tidak boleh hilang atau rusak.

Mengembalikan data hilang bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan, untuk itu anda harus benar-benar merawat hardisk tersebut.

Agar hardisk tidak cepat rusak, maka kita perlu merawatnya, salah satu cara merawat hardisk adalah mendefrag hardisk secara berkala.

Maksut dari merapikan sector hardisk yang kosong adalah, ketika anda membuat file baru atau mempaste sebuah file kedalam hardisk, file tersebut tidak langsung mengisi sector-sector yang kosong secara berurut, malainkan secara acak.

Misalnya ketika anda mempaste sebuah file, dan file tersebut berada pada sector 1, kemudian anda mempastekan sebuah file lagi, paste kedua belum tentu mengisi sector 2, bisa saja file berada di sector 10.

Seperti keterangan di atas, berarti sector 2 sampai sector 9 masih kosong.

Nah disinilah fungsi defrag pada hardisk yaitu merapikan sector-sector yang kosong, sekaligus membuat hardisk lebih awet dan tahan lama.

Meskipun mendefrag hardiks itu adalah langkah untuk menjaga hardisk tetap awet, namun apabila dilakukan dengan cara salah akan membuat hardisk tersebut akan cepat rusak.

Jadwal Mendefrag Hardisk Yang Benar Agar Hardisk Lebih Awet

Sebaiknya hardisk di defrag 1 kali dalam sebulan, apabila anda sering melakukan copy paste file pada hardisk tersebut.

Namun apabila anda jarang melakukan copy paste sebaiknya defrag 1 kali dalam 3 bulan.

Jangan terlalu sering mendefrag hardisk, karena pada saat proses defrag, hardisk akan bekerja dengan maksimal atau sedikit di paksa.

Cara Defrag Hardisk Komputer Di Windows

  1. Click Kanan Pada Hardisk Yang Ingin Di Defrag
  2. Properties
  3. Tools
  4. Defragment Now
  5. Defragment Disk
  6. Tunggu Hingga Proses Selesai

Pada saat proses defrag, sebaiknya anda jangan membuka aplikasi apapun, agar proses defrag tidak terganggu dan lebih cepat selesai.