timbangan yang digunakan harus akurat, tidak ada pihak yang akan di rugikan, lalu bagaimana prosedur kalibrasi timbangan sesuai dengan aturan pamerintah ?

Menggunakan timbangan untuk keperluan dagang juga di atur oleh pamerintah, timbangan yang digunakan harus akurat, tidak ada pihak yang akan di rugikan, baik pembeli maupun penjual. Lalu bagaimana prosedur kalibrasi timbangan sesuai dengan aturan pamerintah ?.

Kami juga tidak mengeahui secara pasti, pedagang yang nominal berapa jual beli yang wajib mengikuti prosedur kalibrasi timbangan ini, tapi yang pasti sebuah perusahaan atau PT wajib melakukannya.

Prosedur Kalibrasi Timbangan

Sesuai dengan aturan pamerintah bahwa timbangan wajib mendapat sertifikat tera atau kalibrasi dari badan metrologi minimal 1 kali dalam setahun.

Langkah mudah mengurus prosedur kalibrasi timbangan adalah melalui jasa kalibrasi timbangan terbaik di daerah anda berada.

Biasanya jasa kalibrasi timbangan sudah berkerja sama dengan Badan Metrologi untuk melakukan tera ulang bersama.

Jadi untuk ke Badan Metrologi kita tinggal menerima bersih, karena sudah di urus semua oleh jasa kalibrasi timbangan.

Syarat-Syarat Yang Harus Di Persiapkan

Agar prosedur kalibrasi timbangan sesuai dan berjalan lancar pada saat melakukan tera ulang, sebaiknya persiapkan syarat-syarat sebagai berikut.

  1. Jika timbangan kondisi baru dan pertama kali di tera oleh badan metrologi, anda harus mempersiapkan sertifikat timbangan atau invoice pembelian
  2. Jika timbangan sudah pernah di kalibrasi, anda harus melampirkan sertifikat tera ulang yang lama

Untuk harga tera timbangan biasanya menyesuaikan dengan kapasitas timbangan.

Setelah timbangan di tera, jangan lupa untuk meminta sertifikat tera ulang dari Badan Metrologi, agar nantinya jika ada pengecekkan timbangan dari pihak terkait, anda bisa melampirkan bukti bahwa timbangan sudah di tera oleh Badan Metrologi.

Kenapa Harus Melalui Badan Metrologi Kan Bisa Sendiri ?

Karena Badan Metrologi tugasnya memang untuk melakukan pengawasan di bidang metrologi legal, salah satunya termasuk timbangan.

Meskipun anda bisa melakukan kalibrasi sendiri, tapi itu sebenarnya di larang, karena ditakutkan akan memanipulasi tonase timbangan.

Keuntungan Mengikuti Prosedur Kalibrasi Timbangan

Jangan berfikir bahwa kalibrasi timbangan melalui Badan Metrologi hanya menghabiskan biaya, fikiran seperti itu salah.

Justru dengan adanya sertifikat tera ulang timbangan dari Badan Metrologi dapat meningkatkan harga produk yang anda jual, apalagi anda memiliki produk untuk di ekspor ke negara lain.

Bagaimana Jika Tidak Mengikuti Prosedur Kalibrasi Timbangan ?

Jika tidak ketahuan ya tidak masalah, tapi jika ketahuan maka akan di denda puluhan juta, bahkan yang lebih parah lagi perusahaan dapat di nonaktifkan sementara waktu.

Bagikan:

majalahtren

Penulis artikel tentang teknologi, bisnis, kucing, rumah, microsoft dan trending