Sebagai salah satu pengguna Aapanel, kami ingin bercerita pengalaman selama menggunakan Aapanel ini, mulai dari instal, fitur-fitur yang ada serta kelebihan dan kekurangannya

Sebagai salah satu pengguna Aapanel, kami ingin bercerita pengalaman selama menggunakan Aapanel ini, mulai dari instal, fitur-fitur yang ada serta kelebihan dan kekurangannya.

Mungkin yang baru-baru ingin pindah dari hosting ke VPS baru mendengar yang namanya Aapanel.

Aapanel

Apa itu Aapanel ?

Aapanel adalah salah satu dari panel website yang ada di dunia. Sama halnya dengan Cpanel atau Direct Admin yang ada pada hosting, hanya saja Aapanel ini adalah panel gratis sedangkan Cpanel dan Direct Admin berbayar.

Jika memiliki budget yang minim, sedangkan kita ingin menggunakan VPS, tentunya kita memulai dengan software yang gratis.

Memang fitur-fitur nya tidak selengkap Cpanel, tapi untuk kebutuhan website sudah lebih dari cukup, bahkan sekelas perusahaan saja sudah banyak yang menggunakan panel Aapanel.

Fitur-fitur Di Aapanel

Fitur-fitur yang akan kita bahas ini meliputi :

  1. Aplikasi
  2. Keamanan
  3. User Manual
  4. Forum

Aplikasi Yang Ada Di Aapanel

Aapanel sudah menyediakan aplikasi untuk keperluan web, aplikasi tersebut bisa di download di App Store, mulai dari web server, firewall, cache web dan masih banyak lagi, berikut adalah list aplikasi nya.

  1. Nginx
  2. Apache
  3. Mysql
  4. Php
  5. Phpmyadmin
  6. Website Speed
  7. PM2 Manager
  8. Java Manager
  9. Docker Manager
  10. MongoDB
  11. Memcached
  12. Redis
  13. OpenLiteSpeed
  14. Fail2ban
  15. DNS Manager
  16. Mail Server
  17. OneClick Migration
  18. Phyton Memager
  19. OneClick Deployment
  20. PostgreSQL
  21. FTP Storage
  22. AWS S3
  23. Google Cloud Storage
  24. Google Drive
  25. SYS Firewall
  26. WebHook
  27. Linux Tools
  28. Php Guardian
  29. Supervisor
  30. Log Cleanup
  31. Anti Spam Getway
  32. Nginx Firewall

Untuk saat ini kami belum sempat untuk menjelaskan 32 aplikasi di atas satu persatu, insya allah pada postingan berikutnya akan kami jelaskan.

Keamanan Di Aapanel

Aapanel sudah cukup aman untuk dijadikan panel web, selain di dukung dengan aplikasi firewall, di aapanel itu sendiri sudah ada yang namanya fitur keamanan.

Turn on to Block ICMP

Kemanan yang paling saya sukai dari aapanel adalah fitur Turn On To Block ICMP.

ICMP ( Internet Control Message Protocol ) digunakan oleh administrator jaringan untuk menganalisa jaringan komputer, seperti melakukan ping dan traceroute.

Jadi ini dapat memperkecil resiko terserang hacker, karena biasanya hacker sebelum melakukan aksinya terlebih dahulu melakukan analisa jaringan server.

SSH Safety

Dengan adanya SSH safety, maka kita tidak perlu lagi kuatir dengan login menggunakan SSH, karena sudah di lindungi dengan SSH Key.

User Manual

Bagi pengguna baru, aapanel sudah memberikan user manual sangat lengkap, mulai dari instalasi sampai melakukan optimasi.

Forum

Apabila anda menemukan masalah yang belum di bahas di user manual, anda dapat menanyakan di forum aapanel, forumnya termasuk aktif dalam menanggapi pertanyaan anggota.

Kelebihan Aapanel

Aapanel memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

  1. Gratis
  2. Ringan
  3. Aman
  4. Instalasi Mudah
  5. User Manual Lengkap
  6. Ada Forum Tempat Bertanya

Kekurangan Aapanel

User manual dan forum hanya menggunakan bahasa inggris, jadi untuk yang tidak bisa berbahasa inggris akan sedikit kesulitan.

Tutorial yang ada di internet kebanyakan menggunakan bahasa inggris, tapi insya allah kami nantinya akan membuatkan tutorial mengenai aapanel dalam bahasa indonesia.

Jika anda membutuhkan jasa setup VPS web wordpress dengan panel Aapanel, silahkan hubungi kami, gratis kok, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagikan:

majalahtren

Penulis artikel tentang teknologi, bisnis, kucing, rumah, microsoft dan trending