Cara Setting Layar Komputer Agar Tetap Menyala Di Windows 7

Cara Setting Layar Komputer Agar Tetap Menyala Di Windows 7

Pernahkah anda ketika meninggalkan komputer lalu tiba-tiba layar komputer mati. Itu bukanlah kerusakan pada komputer melainkan komputer tersebut hanya sleep otomatis. Nah disini kami akan membahas cara setting layar komputer agar tetap menyala di windows 7 meskipun komputer tersebut tidak digunakan dalam waktu berjam-jam.

Settingan default dari windows 7 pada saat pertama kali di instal ulang memang melakukan sleep otomatis apabila komputer tidak digunakan selama beberapa menit.

Sebenarnya settingan seperti itu cukup bagus apabila kita bekerja di komputer pada malam hari, karena mata yang mengantuk akan membuat kita lupa untuk mematikan komputer.

Namun akan sangat mengganggu sekali jika komputer kita gunakan pada siang hari, apalagi sering meninggalkan komputer beberapa menit dan menggunakannya kembali.

Sebenarnya tidak ada masalah, tapi jika di tinggal beberapa menit saja komputer sudah sleep tentunya akan memakan waktu untuk proses loading ketika menghidupkannya kembali dan akan membuat lama pekerjaan.

Lain ceritanya jika komputer mati sendiri karena ada kerusakan pada hardware ataupun software.

Jika komputer atau laptop mati sendiri karena kerusakan, silahkan ikuti cara mengatasi laptop mati sendiri yang pernah kami bahas pada majalah sebelumnya.

Cara Setting Layar Komputer Agar Tetap Menyala Di Windows 7

Komputer yang melakukan sleep otomatis mungkin akan sangat membantu sekali jika memiliki komputer dirumah atau milik pribadi.

Namun saya rasa melakukan settingan sleep otomatis pada komputer-komputer di perusahaan bukanlah solusi yang tepat.

Karena tidak semua karyawan mengerti tentang keadaan komputer yang sedang sleep, kebanyakan mereka menganggap bahwa komputer mati sendiri dan mereka menekan tombol On untuk menghidupkannya.

Menekan tombol On ketika komputer sedang sleep tentunya akan mematikan komputer secara paksa dan akan membuat hardisk komputer cepat rusak.

Kejadian seperti itu sudah pernah saya alami ketika bekerja sebagai IT Suport di salah satu perusahaan.

Berdasarkan pengalaman ini, maka akan kami buatkan panduan cara setting layar komputer agar tetap menyala di windows 7 dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-Langkah Setting Layar Komputer Agar Tetap Menyala Di Windows 7

  1. Klik Logo Windows
  2. Pilih Control Panel
  3. Pilih Hardware And Sound
  4. Pilih Power Option
  5. Pilih Change Plan Settings – Pilih di bagian yang saat ini anda gunakan, blanced atau power saver
  6. Ubah Seperti Gambar Di Bawah Ini lalu Save Changes

Setelah mengikuti cara setting layar komputer agar tetap menyala di windows 7 di atas, maka sudah dipastikan bahwa layar komputer anda tidak akan mati lagi walaupun di tinggal berjam-jam.

Cara ini bukan hanya untuk windows 7 saja, tapi juga bisa dilakukan pada windows 10 agar laptop tetap menyala di windows 10.

Kelebihan Mematikan Auto Sleep Pada Komputer

  1. Kita Tidak Perlu Menunggu Lama Jika Ingin Menggunakan Komputer Kembali

Kekurangan Mematikan Auto Sleep Pada Komputer

  1. Memboroskan Listrik
  2. Membuat Hardisk Komputer Lebih Cepat Rusak Karena Hidup Terus
  3. Memperpendek Umur Komputer

Silahkan baca majalah lainnya seputar tips dan trik komputer.