Bahas 4 Fungsi Utama Sistem Operasi Komputer Lengkap

Fungsi Utama Sistem Operasi Komputer

Seperti yang kita ketahui bahwa komputer tidak bisa di operasikan tanpa adanya sistem operasi. Disini Majalah Tren akan membahas fungsi utama sistem operasi komputer.

Bukan hanya pada komputer saja, semua hardware yang menggunakan processor memerlukan sistem operasi agar bisa digunakan sebagai mana fungsinya.

Salah satunya Hp, dimana Hp saat ini kebanyakan menggunakan sistem operasi android yang dikembangkan oleh Google.

Tanpa menginstal sitem operasi, komputer tidak bisa kita gunakan sebagai mana mestinya.

Ada banyak macam sistem operasi yang bisa di instal pada komputer, namun yang paling banyak digunakan adalah sistem operasi windows dan linux.

Apa Itu Sistem Operasi ?

Sistem operasi atau sering disebut OS adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai pengatur perangkat keras dan juga perangkat lunak ( software ) agar bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Fungsi Utama Sistem Operasi Komputer

Apabila anda ingin mendalami tentang ilmu komputer di bagian software, maka yang pertama harus anda kenali adalah sistem operasi komputer, terutama fungsi utama sistem operasi komputer tersebut.

Fungsi utama sistem operasi komputer bukan hanya untuk menghidupkan komputer saja, ada fungsi yang lain yang tidak kalah penting dari pada menghidupkan komputer.

Beberapa fungsi sistem operasi komputer adalah sebagai beriku.

1. Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi operasi dasar pada komputer seperti memproses data, menyimpan data dan mengatur penggunaan memori pada komputer.

2. Mengatur Kerja Hardware

Sistem operasi juga berfungsi untuk mengetur hardware agar bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing, hardware tersebut seperti mouse, keyboard, RAM, hardisk dan yang lainnya.

3. Menjadi Perantara Antara Pengguna Dan Komputer

Sistem operasi sebagai perantara antara user dan komputer dengan menyediakan tampilan yang bisa dimengerti oleh penggunanya.

Contohnya seperti ketika anda mendefrag hardisk komputer, maka sistem operasi akan memerintahkan hardisk komputer untuk melakukan defrag.

4. Sebagai Tempat Aplikasi Komputer

Pada saat kita menginstal sebuah aplikasi, aplikasi tersebut berada di dalam sistem operasi dan sistem operasi sebagai perantara antara aplikasi dan komputer agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Tanpa sistem operasi maka aplikasi tidak akan bisa dijalankan.

Semoga bermanfaat, silahkan baca majalah lainnya seputar trik dan tips komputer.