Cara Cleaning Printer Epson Semua Type

Cleaning Printer Epson

Bagi anda pengguna printer epson mungkin pernah menemukan kendala seperti gambar bergaris atau putus-putus, hal tersebut dikarenakan printer epson tersebut perlu di cleaning, berikut adalah majalah cara cleaning printer epson semua type.

Pada dasarnya menu-menu maintenance pada semua printer epson itu sama saja dan tidak ada perbedaan sama sekali.

Saya sudah mencoba cleaning di beberapa type printer seperti epson L210, epson L310, Epson L220 dan epson L360 dan saya merasa cara cleaning nya sama saja.

Cara Cleaning Printer Epson Semua Type

Meskipun cara cleaning printer epson ini sangat mudah, namun anda perlu berhati-hati, karena apabila salah dalam melakukan cleaning akan mengakibatkan kerusakan pada head printer.

Berikut adalah cara cleaning printer epson semua type yang benar.

  1. Masuk Ke Control Panel Di Windows 7 Atau Windows 10
  2. Pilih Hardware And Sound
  3. Pilih Devices And Printers
  4. Click Kanan Pada Logo Printer Epson
  5. Pilih Printing Preferences
  6. Pilih Maintenance
  7. Pilih Head Cleaning
  8. Pilih Start
  9. Tunggu Hingga Selesai Loading

Printer yang sedang cleaning akan mengeluarkan bunyi seperti sedang melakukan print dan lampu tinta akan berkedip.

Apabila printer sudah tidak berbunyi lagi dan lampu tinta tidak berkedip, itu menandakan bahwa printer sudah selesai melakukan cleaning.

Jangan Telalu Sering Melakukan Cleaning Printer Epson

Meskipun cleaning printer epson adalah salah satu dari perawatan printer agar tetap awet namun apabila anda terlalu sering melakukan cleaning maka head printer akan cepat habis dan juga tinta printer akan boros.

Printer keluaran terbaru pada saat ini khususnya printer epson sudah bisa melakukan cleaning secara otomatis tanpa kita lakukan secara manual.

Kapan Waktu Cleaning Printer Epson Yang Tepat ?

Waktu melakukan cleaning printer yang paling tepat adalah pada saat hasil print sudah mulai bergaris-garis atau warna hasil print tidak sesuai lagi dengan warna yang seharusnya.

Cleaning printer memang satu hal yang sangat sepele dalam perawatan printer, namun ini juga menyebabkan kerusakan yang fatal yaitu kerusakan pada head printer.

Semoga bermanfaat, terima kasih.