Rekomendasi 4 Aplikasi Kompres Video PC Ringan Dan Gratis

Rekomendasi Aplikasi Kompres Video Pc

Disini majalah tren akan membahas rekomendasi 4 aplikasi kompres video PC ringan dan juga gratis.

Video adalah salah satu file yang berukuran sangat besar sehingga dapat menghabiskan kapasitas penyimpanan hardisk PC apabila tidak di kompres.

Tentunya tidak semua aplikasi kompres video yang menjaga kualitas video agar tetap jernih, ada beberapa aplikasi yang menyebabkan video menjadi buram setelah di kompres.

Aplikasi Kompres Video PC Ringan Dan Gratis

Ada 2 cara untuk melakukan kompres video yaitu menggunakan aplikasi offline dan menggunakan aplikasi kompres video online.

Dari kedua cara tersebut tentunya yang paling baik adalah aplikasi offline karena tidak perlu menggunakan internet.

Dari sekian banyaknya aplikasi kompres video PC offline, majalah tren hanya merekomendasikan 4 aplikasi dibawah ini saja.

1. Aplikasi HandBrake

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah aplikasi HandBrake karena hasil kompres dari aplikasi HandBrake ini bisa sampai 80% namun tetap menjaga kualitas video dan audio.

Kelebihan dari aplikasi Handbrake ini sudah mendukung encode H264.

Selain gratis, HandBrake juga termasuk aplikasi kompres video PC terbaik pada saat ini.

Kekurangan dari aplikasi HandBrake adalah hanya bisa membaca format video mp4 dan avi saja.

2. Adobe Premiere

Aplikasi Adobe Premiere adalah aplikasi editing video, namun juga bisa kita gunakan untuk memperkecil ukuran file video dengan cara import video ke project dan export kembali ke format Mp4 dan menggunakan encode h264.

Anda bisa mengikuti panduan cara export video ke mp4 menggunakan aplikasi adobe premiere agar ukuran file kecil dan kualitas video tetap bagus.

3. VLC Media Player

Pastinya anda baru mendengar bahwa aplikasi yang selama ini kita ketahui adalah aplikasi pemutar video PC namun juga bisa untuk melakukan kompres video.

Anda bisa menggunaka fitur convert / save untuk mengkompres video menggunakan Vlc Media Player dengan cara mengecilkan frame dan bitrate video.

4. Aplikasi Shotcut

Pada umumnya aplikasi shotcut adalah aplikasi untuk pengeditan video, tapi anda juga dapat untuk melakukan kompres video di pc.

Sama seperti aplikasi Adobe Premiere bahwa kita perlu mengimport video ke project kemudian di export dengan mengurangi quality menjadi 80% atau dibawahnya.

Dari 4 aplikasi tersebut, kami lebih suka menggunakan aplikasi HandBrake dan juga aplikasi Adobe Premiere untuk keperluan memperkecil ukuran video di PC.