CloudFlare, Kelebihan Dan Kekurangan Dibahas Lengkap

By | Desember 29, 2019
Cloudflare Kelebihan Dan Kekurangan

Artikel ini membahas mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan CDN Cloudflare untuk blog dan cara menggunakan Cloudflare.

Cloudflare adalah sebuah layanan server yang bertindak sebagai perentara client dan web server.

Ada 2 versi yang diberikan oleh Cloudflare yaitu versi gratis dan premium.

CDN Cloudflare memberikan Cache konten dari web atau blog, dan apabila ada client yang mengakses akan diberikan cache dari server yang lokasi server cloudflare terdekat dengan lokasi client.

Misalnya, kita mengakses dari negara indonesia, maka kita akan diberi akses di server indonesia, karena server Cloudflare sudah tersebar di beberapa negara.

Cloudflare terdapat layanan yang disebut CDN ( Content Delivery Network ).

Apa Itu CDN ( Content Delivery Network ) ?

CDN ( Content Delivery Network ) adalah kumpulan server yang tersebar di berbagai negara yang berfungsi untuk mengurangi latensi antara server web dengan client yang mengakses web tersebut.

Cara Menggunakan CloudFlare

Menggunakan Cloudflare sangatlah mudah

  1. Buka Cloudflare
  2. Pilih Add a Site
  3. Tambahkan Situs Anda
  4. Setelah Add Situs, kita akan diberikan 2 Nama Server Yang Akan Di Simpan Pada Hosting Domain Anda
  5. Jika Blog Anda Memiliki Sub Domain, Anda Harus Menambahkan Sub Domain Secara Manual Di DNS Cloudflare

Kelebihan Menggunakan Layanan CDN Cloudflare

  1. Mempercepat Loading Blog
  2. Lebih Aman Dari Serangan Hacker
  3. Bila web atau blog menggunakan layanan CDN Cloudflare, seluruh informasi mengenai web tersebut akan disembunyikan dan juga akan aman oleh serangan DDOS.
  4. Apabila server down, client masih bisa mengakses web tersebut dengan cache pada Cloudflare sampai web tersebut normal kembali.
  5. Gratis
  6. Mudah Digunakan

Kelebihan menggunakan cloudflare di atas hanya berdasarkan pendapat saya pribadi saja, apabila ada kelebihan yang lain anda bisa menyampaikan kepada saya melalui kolam komentar.

Kekurangan Menggunakan Layanan CDN Cloudflare

Meskipun terdapat beberapa kelibihan, menggunakan CDN Cloudflare juga terdapat kekurangan yang akan berpengaruh buruk kepada blog.

  1. Jika Server Cloudflare Down, blog juga tidak bisa di akses

Saya sarankan jika anda menggunakan blog dari WordPress, sebaiknya anda menggunakan Cloudflare, tapi jika menggunakan Blogger sebaiknya jangan digunakan, karena server Blogger milik google, sudah terjamin kecepatan dan keamanannya.

Kesimpulan

Apabila anda percaya bahwa anda sudah menggunakan server yang aman dan juga baik dari segi kecepatan, karena kelebihan yang diberikan sudah diberikan oleh server anda, saya rasa anda tidak perlu lagi menggunakan CDN Cloudflare.

Terima kasih