Cara Mudah Membersihkan Kipas Laptop Tanpa Membongkar

Membersihkan Kipas Laptop Tanpa Membongkar

Kipas laptop sangat berperan penting untuk menunjang performance sebuah laptop, apabila kipas laptop kotor tentunya performancenya akan berkurang, berikut akan kami bahas cara membersihkan kipas laptop tanpa membongkar nya.

Bagi orang awam tentunya akan sangat kesulitan jika ingin membersihkan kipas laptop dengan cara membongkarnya, selain sulit, membongkar laptop apabila kita belum mengetahui triknya maka akan berakibat fatal.

Bahkan orang-orang yang sudah ahli di dalam dunia service komputerpun pernah melakukan kesalahan ketika membongkar laptop dan menyebabkan hardware yang sebelumnya tidak bermasalah menjadi bermasalah.

Membersihkan Kipas Laptop Tanpa Membongkar

Kipas laptop berada jauh di dalam casing laptop, oleh sebab itu jika tidak begitu ahli, janganlah sesekali anda membersihkannya dengan cara di bongkar, karena akan berakibat fatal.

Meskipun demikian, tetap ada cara membersihkan kipas laptop tanpa membongkar casing laptop tersebut. Cara ini sudah kami coba sendiri, karena kami juga memiliki usaha service komputer untuk area pekanbaru.

Tujuan kami memberikan tutorial ini adalah agar anda tidak menghabiskan biaya hanya untuk membersihkan kipas laptop saja, karena jika membersihkan kipas laptop di tempat service dikenakan biaya Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000.

Langkah-Langkah Membersihkan Kipas Laptop Tanpa Membongkar

Sebelum anda mulai membersihkan kipas laptop tanpa di bongkar, anda harus lebih dulu mempersiapkan blower, obeng kecil dan WD.

Pastinya anda bertanya-tanya, lho kenapa menggunakan obeng ?, kan tanpa di bongkar.

Obeng tersebut bukan untuk membongkar laptop, namun untuk penahan kipas agar tidak berputar saat di hisap menggunakan blower.

Tujuannya agar kipas laptop tidak rusak, karena jika kipas tidak di tahan menggunakan obeng, maka kipas akan berputar sangat kencang ketika ada daya tarikan dari blower.

Apabila putaran kipas terlalu cepat maka akan menyebabkan kipas menjadi rusak.

Setelah semua peralatan sudah dipersiapkan maka kita langsung membersihkan laptop tanpa membongkarnya.

  1. Semprotkan WD ( Khusus Pembersih Laptop ) pada Lubang Angin Kipas
  2. Tahan Kipas Menggunakan Obeng
  3. Hisap Debu Menggunakan Blower
  4. Agar Pembersihan Area Kipas Merata, Lepas Obeng Penahan Kipas Dan Hisap Debu Kembali Menggunakan Blower, Tapi Yang Perlu Anda Ingat, Pada Saat Obeng Di Lepas, Jarak Blower Dan Kipas Jangan Terlalu Dekat, Agar Putaran Kipas Tidak Terlalu Kuat
  5. Setelah Kipas Berputar Pelan, Kemudian Tahan Kembali Kipas Menggunakan Obeng Dan Lakukan Langkah Yang Sama Seperti Dari Awal

Cara ini terbukti ampuh dan dijamin kipas laptop akan bersih dari debu dan kotoran.

Pentingnya untuk membersihkan laptop ini adalah agar performance laptop tetap maksimal, karena kipas kotor adalah salah satu penyebab laptop panas dan akan membuat laptop menjadi lambat.