Rekomendasi Tools Cek Speed Website

Semenjak google mengumumkan bahwa speed website menjadi faktor penting dalam SEO, berarti mau tidak mau, jika menginginkan lebih diperhatikan google, website wajib memiliki speed yang cepat, di artikel ini beberapa tools cek speed website yang sangat baik untuk mengukur kecepatan website dan memberikan solusi untuk memperbaikinya.

Semua tools pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh sebab itu, sebaiknya untuk mengukur kecepatan situs lebih baik menggunakan 2 tools atau lebih.

Tools Cek Speed Website

Pada Google Search Console, tepatnya di menu web inti, disana juga ada pemberitahuan, apakah situs anda lambat, sedang atau cepat.

Warna merah menandakan lambat, kuning sedang dan hijau sudah cepat, namun di google search console penyebab masalahnya kurang detail, sehingga kita memerlukan sebuah tools untuk cek speed website dan mengenalisa penyebabnya.

Google Page Speed

Tools yang pertama kami rekomendasikan adalah Google Page Speed.

Google sudah menyediakan tools untuk membantu pengembang website untuk optimasi kecepatan website.

Satu hal yang membuat kami merekomendasikan Google Page speed berada di nomor 1 adalah karena Google Page Speed menampilkan skor di desktop dan di mobile, sehingga lebih mudah untuk memperbaikinya.

Web Dev

Jujur saja, Tools cek website yang paling kami sukai adalah dari situs Web Dev, alasannya karena kita diberi tahu penyebab dan diberikan solusi cara mengatasinya.

Selain memberikan informasi kecepatan situs, di web dev juga memberikan informasi skor SEO, Accessibility dan Best Practices.

GTmetrix

Tools yang ketiga yang kami rekomendasikan adalah GTmetrix. Gtmetrix salah satu tools yang paling banyak digunakan oleh pengembang web.

Kekurangan Gtmetrix adalah hanya mengukur kecepatan web versi desktop saja dan tidak menampilkan skor kecepatan untuk mobile.

Penyebab Situs Menjadi Lambat

Beberapa penyebab yang membuat website menjadi lambat di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan Tema Yang Lambat
  2. Menggunakan VPS Atau Hosting Yang Lambat
  3. Tidak Mengkompress Gambar Sebelum Di Upload – Baca panduan cara mengecilkan ukuran gambar
  4. Tidak Mengaktifkan Cache
  5. Menggunakan Javascript Yang Berlebihan
  6. Terlalu Banyak Menggunakan Plugin
  7. Terlalu Banyak Memasang Iklan

Apabila situs anda lambat dikarenakan gambar dan iklan adsense, baca panduan cara mempercepat loading blog menggunakan lazyload gambar dan lazyload iklan adsense.