Kelebihan Serta Kekurangan Apabila Menggunakan Tema Amp

Blogger128 Views

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia bloging pastinya pernah mendengar template amp dan non amp.

Disini akan kami kupas tuntas tentang kelebihan serta kekurangan blog yang menggunakan template amp dibandingkan dengan non amp.

Kelebihan Menggunakan Template Amp

Sebagian ada yang bilang bahwa blog yang menggunakan tema amp membuat pendapatan adsense mereka menurun dan sebagiannya lagi malah bilang meningkat pesat, lalu mana yang benar ?

Kebanyakan orang mengeluarkan pendapat tentang pendapatan adsense menurun karena menggunakan tema amp hanya 1 sampai 2 hari pengujian saja, ya sama seperti saya dulu.

Perlu diketahui bahwa ketika ada perubahan di blog misalnya mengganti tema lalu ke esokan harinya pendapatan adsense anda menurun, anda tidak dapat menyalahkan tema yang baru di pasang tersebut.

Google akan mendeteksi setiap ada perubahan di blog kita, mungkin saja karena tema baru di pasang menyebabkan iklan banyak yang tidak tampil.

Untuk mendapat jawaban pasti, perlu menguji minimal 1 minggu.

Dari pada basa basi yang panjang, lebih baik kita masuk ke topik utama tentang beberapa kelebihan serta kekurangan apabila blog menggunakan template amp.

Kelebihan Menggunakan Tema Amp

  1. Loading Lebih Cepat – Yang dimaksut loading lebih cepat disini apabila blog anda sudah di cache amp oleh google, jadi apabila belum di cache, loading seperti biasa
  2. Meningkatkan Pendapatan Adsense – Yang sebenarnya adalah pendapatan adsense akan meningkat jika menggunakan tema AMP ( jika sudah di cache ), karena loading cepat maka iklan yang tampil lebih bersaing, blog yang baru menggunakan tema amp tidak akan langsung di cache tapi membutuhkan waktu, itulah sebabnya pendapatan adsense menurun jika baru menggunakannya
  3. Direkomendasikan Google – Meski bukan sebuah jaminan untuk muncul di page one search enggine, namun setidaknya menggunakan Amp lebih direkomendasikan oleh google.
  4. Mengurangi Beban Server – Karena sudah di cache oleh Google Amp, maka dapat mengurangi beban server

Kekurangan Menggunakan Tema Amp

  1. Sulit Mencari Plugin Yang Suport
  2. Optimasi Lebih Sulit
  3. Penggunaan Javascript Dibatasi

Kapan Sebaiknya Menggunakan Template Amp ?

Gunakanlah template amp apabila situs anda ingin di index google, jika situs tidak ingin di index google sebaiknya jangan menggunakan tema Amp.